Mohon tunggu...
ALFAT ADIPRATAMA
ALFAT ADIPRATAMA Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa INISNU temanggung

lahir di lempuyang candiroto temanggung .

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Media Game Edukasi di MI Ma'arif Batursari Candiroto Temanggung

8 Oktober 2024   10:00 Diperbarui: 8 Oktober 2024   10:17 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di era digital saat ini, pendidikan tidak hanya berlangsung di dalam kelas dengan metode konvensional.  MI Ma'arif Batursari telah mengambil langkah inovatif dengan menerapkan permainan edukatif sebagai sarana pembelajaran. Diharapkan dengan menggunakan permainan edukatif ini dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar, serta membuat proses pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menyenangkan.

Manfaat media game edukasi antara lain:

Pertama meningkatkan keterlibatan siswa: Game edukasi yang dirancang untuk menarik perhatian siswa. Dengan tampilan yang menarik dan gameplay yang menyenangkan membuat siswa lebih termotivasi untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.

Kedua mendorong pembelajaran mandiri: Permainan edukatif sering kali menghadirkan tantangan yang dapat diatasi sendiri oleh siswa, mendorong pembelajaran mandiri dan berpikir kritis.

Ketiga mengembangkan kerja tim: Beberapa permainan edukatif dirancang untuk dimainkan dalam kelompok, membantu siswa belajar berkolaborasi dan bekerja sama dengan teman-temannya.

Keempat Meningkatkan pemahaman konsep: Permainan edukasi dapat membantu siswa memahami konsep-konsep sulit melalui simulasi dan visualisasi, sehingga materi lebih mudah dipahami.

Implementasi di MI Ma'arif Batursari

Sekolah MI Ma'arif Batursari sudah mulai mengintegrasikan permainan edukatif ke dalam berbagai mata pelajaran seperti matematika, bahasa dan sains. Berikut beberapa langkah yang dilakukan:

Pertama memilih permainan yang sesuai: Guru MI Ma'arif Batursari melakukan penelitian untuk memilih permainan edukatif yang sesuai dengan kurikulum dan kemampuan siswa. Permainan harus mampu menyampaikan isi pelajaran dengan baik.

Kedua pelatihan guru: Untuk menyebarkan materi permainan edukatif secara efektif, guru dilatih tentang cara menggunakan permainan dalam proses pembelajaran. Hal ini mencakup pengelolaan kelas dengan menggunakan permainan dan teknik untuk menilai pembelajaran siswa.

Ketiga penggunaan ruang kelas yang fleksibel: Sekolah menawarkan ruang kelas yang fleksibel di mana siswa dapat bergerak bebas dan bekerja dalam kelompok sambil bermain permainan edukatif. Dengan hal ini dapat diciptakannya suasana yang lebih dinamis dan interaktif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun