Mohon tunggu...
AL Faridzi
AL Faridzi Mohon Tunggu... Lainnya - Founder - Teknolofa.com

Penulis Sekaligus Founder di Teknolofa.com | Berbagi Pengetahuan Seputar Teknologi | https://www.instagram.com/alfa.frd/ | https://www.teknolofa.com/

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pamer di Media Sosial Bisa Jadi Personal Branding yang Tepat!

12 Januari 2023   21:59 Diperbarui: 13 Januari 2023   02:03 587
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: teknolofa

Personal branding merupakan proses pembuatan dan pengelolaan citra diri seseorang yang bertujuan untuk meningkatkan kredibilitas dan daya tarik di mata audiens tertentu. 

Ini termasuk menciptakan dan mempromosikan keunggulan unik seseorang, serta menyampaikan pesan yang konsisten dan efektif melalui berbagai kanal. 

Tujuan dari personal branding adalah untuk membuat orang lain melihat Anda sebagai ahli di bidang Anda dan sebagai pilihan yang layak untuk bekerja sama atau bekerja dengan.

Saat ini ada banyak cara untuk menciptakan personal branding yang baik, dan salah satunya adalah sosial media. Kenapa harus sosmed? Berikut penjelasan lengkapnya.

Mengapa Personal Branding Lewat Sosial Media Begitu Penting

Personal branding lewat sosial media penting karena memungkinkan individu untuk membuat dirinya terlihat profesional dan menonjol di antara keramaian. 

Ini juga dapat membantu dalam meningkatkan visibilitas, memperluas jaringan, dan membuat individu lebih mudah ditemukan oleh rekruter atau pelanggan potensial. 

Selain itu, dengan membangun personal brand yang kuat di sosial media, individu dapat meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas diri, yang dapat mengarah pada kesempatan kerja atau bisnis yang lebih baik.

Cara Personal Branding Yang Tepat Melalui Sosial Media

Untuk membuat personal branding melalui media sosial, Anda dapat melakukan 8M seperti berikut ini : 

  • Membuat konten yang berkualitas dan relevan dengan bidang Anda. 
  • Menjadi aktif di platform media sosial yang sesuai dengan bidang Anda. 
  • Membuat jaringan dengan orang-orang di bidang Anda. 
  • Memperlihatkan diri Anda sebagai ahli di bidang Anda dengan berbagi pengetahuan dan pengalaman. 
  • Membuat kolaborasi dengan influencer atau pengusaha lain dalam bidang Anda.
  • Membuat akun professional di LinkedIn, dan mencari kesempatan untuk bergabung dengan komunitas yang relevan. 
  • Menjaga konsistensi dan profesionalisme dalam semua aktivitas online Anda. 
  • Menggunakan logo, foto profil dan bio yang sesuai dengan personal branding anda.

Itulah beberapa informasi mengenai personal branding lewat sosial media, semoga dapat dengan mudah difahami dan menjadi inspirasi baru untuk anda lebih berkembang!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun