Â
Korean Business Research institute merilis pemeringkatan brand reputation idol k-pop pada kuarter terakhir 2019 ini. Pemeringkatan ditentukan dari indeks partisipasi konsumen, liputan media, interaksi idol, dan indeks komunitas atau fans grup kpop tersebut. Pengambilan data di mulai pada 13 November hingga 14 Desember.
1. MAMAMOO
MAMAMOO untuk bulan november melakukan comeback dengan single terbarunya yaitu HIP single ini sukses di chart kpop selama hampir lebih sepekan setelah perilisan.Selain itu mamamoo juga tampil diberbagai acara awarding seperti Vlive award,Melon music award,hingga MAMA 2019 .Untuk brand reputation MAMAMOO naik ke posisi teratas dalam daftar bulan ini setelah mengalami peningkatan sebesar 67,60%. Grup ini mencetak total indeks .
Frase pencarian tertinggi dalam analisis kata kunci MAMAMOO diantaranya rilis, antisipasi dan bahagia, sementara istilah terkait pencarian tertinggi lainnya termasuk HIP, Hwasa dan Moonbyul. Analisis positif-negatif MAMAMOO mengungkapkan skor reaksi positif 75,01%.
2. (G)I-DLE
Untuk tahun 2019, (G)I-DLE sangat aktif diindustri musik korea. Bisa dilihat dari seringnya (G)I-DLE comeback,dimulai dari lagu Senorita pada awal tahun 2019,UH-OH, dan yang terbaru yaitu LION.
Selain itu mereka juga tampil diacara kpop survival show besutan Mnet yaitu Queendome. (G)I-DLE berada di posisi kedua dengan indeks brand reputasi sebesar 9,757,832, di mana menandai sedikit peningkatan 6,31% pada skor mereka dari bulan November.