Mohon tunggu...
Alfamart Sahabatku
Alfamart Sahabatku Mohon Tunggu... wiraswasta -

Alfamart Sahabat Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Money

Donasi Konsumen Alfamart - SATU HATI BERBAGI UNTUK INDONESIA

27 April 2015   15:39 Diperbarui: 17 Juni 2015   07:38 635
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy


Dukungan masyarakat melalui donasi konsumen di sejumlah toko ritel modern seperti Alfamart telah banyak diapresiasi oleh banyak kalangan mulai dari konsumen, LSM, media dan pemerintah. Ini terbukti dari semakin meningkatnya nilai bantuan yang dikumpulkan melalui penggalangan donasi konsumen.

Semangat membantu sesama masih sangat tinggi sekalipun masih ada masyarakat yang belum memahami tujuan dan ke mana penyaluran dari donasi tersebut.

Hal ini tidak menyurutkan niat pengelola ritel dalam menggalang dana masyarakat yang difasilitasi oleh sejumlah yayasan berskala nasional dan internasional.

Dari hasil donasi konsumen tersebut seluruhnya dikelola yayasan kredibel yang ditunjuk oleh perusahaan. Donasi konsumen dalam sistem di komputer telah memisahkan secara otomatis dana hasil transaksi belanja konsumen dan dana dari hasil donasi konsumen.

Ritel pun tidak mewajibkan konsumen untuk mendonasikan uang kembalian belanjanya. Jika tidak berkenan, cukup menggeleng, dan kasir akan menekan tombol “NO” lalu uang kembalian akan dikembalian. Konsumen pun bisa menekan sendiri “NO” atau “YES” tersebut di layar komputer kasir.

Hasil penggalangan donasi konsumen dijalankan dengan beragam aksi kemanusian dengan periode yang telah ditentukan. Setiap penyelenggaraan penggalangan donasi konsumen perusahaan telah mendapatkan izin dari Kantor Kementerian Sosial RI.

Setelah mendapat persetujuan, akan dikeluarkan SK Menteri Sosial RI yang mengatur tata cara pengumpulan donasi, periode program, wilayah pengumpulan donasi, yayasan penyalur donasi dan kewajiban menyebarluaskan informasi kepada konsumen.

Penggalangan donasi konsumen berlangsung selama 1-3 bulan, kemudian akan dilanjutkan lagi dengan jenis kegiatan kemanusiaan lainnya. Tujuan perusahaan menjalankan donasi konsumen ini, tak lain karena perusahaan ingin memperluas penerima manfaat dari hasil donasi melalui yayasan-yayasan yang ditunjuk.

Perusahaan menunjuk yayasandengan kriteria yang memiliki track record yang bagus dan memiliki program kerja yang sesuai dengan 6 pilar Corporate Program : Alfamart Sahabat Indonesia yakni Alfamart Care (Bidang Sosial), Alfamart Smart (Bidang Pendidikan), Alfamart Sport (Bidang Olah Raga), Alfamart Clean and Green (Bidang Lingkungan Hidup), Alfamart SME’s (Bidang Pemberdayaan UMKM), Alfamart Vaganza (Bidang Seni dan Budaya).

Selama satu tahun, terhitung periode 16 Desember 2013 sampai 31 Desember 2014, Alfamart telah bekerja sama dengan 15 yayasan untuk menyalurkan donasi konsumen yang totalnya terhimpun Rp 24,5 miliar.

Rinciannya sebagai berikut :

1.Yayasan Sahabat Wanita (16 Des 2013 – 15 Jan 2014)Rp 604.798.499 Program Pemberdayaan Ekonomi untuk Perempuan dan Masyarakat Pra-Sejahtera. Penerima manfaat : 100 orang di Bogor, Garut, Lampung, Jakarta Barat melalui program “Sahabat Usaha Wanita”

2.Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (16 Jan–15 Feb 2014)Rp 1.579.701.364 Membangun Rumah Singgah untuk Anak Penderita Kanker di Makassar. Membantu biaya operasional rumah singgah di 6 kota lainnya dan menyelenggarakan seminar kanker anak melalui rangkaian program “Rumah Singgah Alfamart-Alfamidi”

3.Yayasan Berani Bhakti Bangsa (16 Feb–15 Mar 2014) Rp 1.843.058.887 Pemeriksaan mata dan pemberian 10.000 kacamata gratis untuk anak-anak pada Perayaan Hari Anak Nasional berlangsung di 5 kota bertajuk “Bright Eyes, Bright Future”

4.Yayasan Lions Indonesia (16 Mar – 15 Apr 2014) Rp 1.896.103.722 Pemberian kacamata gratis bagi 22.470 siswa kurang mampu di 116 sekolah dalam rangka World Sight Day “Mataku Sehat”

5.United Nations Children Fund /Unicef (16 Apr–15 Mei 2014) Rp 1.907.671.179 Pengembangan dan pembangunan tempat pendidikan untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)di 6 provinsi, Jateng, Jatim, Sulteng, Sulsel, NTB, dan NTT melalui program “Sahabat Pendidikan Anak Indonesia”

6.Yayasan Lingkungan Untuk Kemanusiaan/Habitat for Humanity (16 Mei-15 Jun 2014) Rp 1.880.671.053 Membangun 65 Rumah Layak Huni di Semarang sebagai Kampung Alfamart, pelatihan manajemen keuangan keluarga untuk 65 Kepala Keluarga melalui program “Rumah untuk Indonesia”

7.Yayasan Relawan Kampung Indonesia (16 Juni-15 Jul 2014) Rp 1.956.098.825 Membangun 15 Jembatan penghubung antardesa untuk 15 daerah terpencil di Indonesia “Jembatan Masa Depan”.

8.Putera Sampoerna Foundation (16-31 Jul 2014) Rp 1.632.551.096 Pengembangan profesionalisme guru melalui program sekolah binaan di 3 wilayah Tangerang dan pelatigan guru di 6 kota (Pekanbaru, Semarang, Bandung, Tangerang, Muara Bungo, Mataram) melalui program “Sekolah Binaan Alfamart-Alfamidi”

9.Yayasan Sahabat Veteran (1-15 Aug 2014) Rp 1.343.171.117 Santunan Tali Kasih untuk 1.300 Veteran Indonesia di 8 kota, Surabaya, Solo, Jakarta, Bogor, Semarang, Makassar, Samarinda, Palembang melalui program “AlfamartAlfamidi Sahabat Veteran”

10.Yayasan Keanekaragaman (16-31 Aug 2014) Rp 1.048.874.378 Program Penanaman 4.500 Pohon untuk Menyelamatkan Hutan di kawasanHulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Tonado, Minahasa, Sulawesi Utara “Save Tree, Save Water, Save Future”

11.Yayasan Hati Gembira / Happy Hearts Fund (1-30 Sept 2014) Rp 1.996.671.523 Rekonstruksi sekolah prasejahtera menjadi sekolah layak dan tahan gempa. Pembangunan sekolah di 3 kota : Serang, Bandung dan Manado melalui “Sekolah Impian”

12.Palang Merah Indonesia (1-31 Okt 2014) Rp 2.322.522.490 Bantuan pengadaan 3 mobil Unit Donor Darah dan 1 truk tangki air bersih serta pemberian paket bantuan bencana 2.000 Hygiene Kit dan 1.000 Baby Kit melalui program “Blood and Water for Life”

13.Yayasan Nusa Membaca (1-15 Nov 2014) Rp 1.115.459.674 Membantu menfasilitasi taman bacaan masyarakat (TBM) dan perpustakaan sekolah melalui Takubi (Taman Buku Albi) Corner. Bantuan supply buku bacaan untuk 14 TBM dan 50 Takubi Corner

14.Kick Andy Foundation (16 Nov-15 Des 2014) Rp 2.128.359.764 Pemberian 10.000 sepatu sekolah untuk siswa prasejahtera, 100 Kaki Palsu, dan 5.000 Bola Sepak untuk SSB lokal

15.YPK – Penyelenggara Program Nikah Massal (16-31 Des 2014) Rp 1.292.636.165 Bantuan administrasi pernikahan bagi keluarga prasejahtera agar bisa mengakses fasilitas yang disediakan pemerintah, 1000 pasangan dari 6 agama lintas budaya telah dinikahkan pada 28 Januari 2015

Laporan ini juga bisa diakses melalui http://www.alfamartku.com/?s=laporan+donasi

Donasi konsumen ini bukan merupakan bentuk kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) melainkan Corporate Cause Promotions (CCP). CCP ini menurut Kotler & Lee (2005) merupakan kegiatan perusahaan untuk meningkatkan awareness masyarakat tentang sebuah isu tertentu, dimana isu ini tidak harus berhubungan atau berkaitan dengan lini bisnis perusahaan.

Perusahaan mengajak masyarakat untuk menyumbangkan waktu, dana atau benda mereka untuk membantu mengatasi atau mencegah permasalahan tersebut. Dalam CCP ini, perusahaan bisa melaksanakan programnya secara sendiri ataupun bekerjasama dengan lembaga lain, misalnya : non government organization.

Sementara contoh kegiatan CSR Alfamart yang sesuai dengan pilar ke-5 yakni Alfamart SME’s berupa pembinaan pedagang warung di sekitar toko Alfamart yang diwujudkan dalam program Store Sales Point (SSP).

Sementara contoh kegiatan CSR Alfamart yang sesuai dengan pilar ke-5 yakni Alfamart SME’s berupa pembinaan pedagang warung di sekitar toko Alfamart yang diwujudkan dalam program pemberdayaan UMKM bernama Outlet Binaan Alfamart (OBA).

Bentuknya berupa Pelatihan Manajemen Ritel Modern bagi UMKM/pedagang, memberikan harga spesial kepada pedagang binaan yang tergabung dalam member pedagang melalui Kartu AKU pedagang.Para pedagang bisa melakukan pemesanan barang tanpa dibatasi jumlah, dan mendapatkan pendampingan dari Member Relations Officer (MRO).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun