Mohon tunggu...
Alexander Novantino Juan Kalli
Alexander Novantino Juan Kalli Mohon Tunggu... Politisi - Gubernur

Ngopi

Selanjutnya

Tutup

Politik

Menelusuri Politik Dinasti di Desa Kutoharjo

9 Juni 2024   22:46 Diperbarui: 9 Juni 2024   22:46 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bapak Ivan Styawan Kepala Desa Kutoharjo/dok. pri

Kendal (15/5/2024). Ivan Styawan, begitulah nama lengkap seorang kepala Desa Kutoharjo yang memimpin Desa ini sejak 2020 meneruskan estafet kepemimpinan orangtua nya. Hal yang unik dari terpilihnya beliau menjadi Kepala Desa di Desa Kutoharjo adalah bahwa beliau awalnya sama sekali tidak tertarik untuk menjadi Kepala Desa, melainkan dorongan dari warga-warga Desa Kutoharjo yang mendorong beliau agar maju dalam pemilihan Kepala Desa Kutoharjo.

Ketika berkesempatan datang langsung ke Desa Kutoharjo, Pak Ivan selaku Kepala Desa disana pun membeberkan bagaiman ia dapat terpilih menjadi Kepala Desa disana, beliau berujar "Saya menjadi Kepala Desa disini bukan atas kemauan saya sendiri melainkan dipilih warga karena privilege yang ditinggalkan orangtua saya ketika memimpin yaitu, orangtua saya sendiri suka membantu para warga dan tidak mengharapkan imbalan apapun, bahkan pernah sekali warga datang kepada saya untuk memberikan sesuatu dengan dalih bahwa dahulu warga tersebut pernah dibantu oleh orang tua saya dahulu ketika menjabat, " Saya disini kerja dari hati Mas , bukan untuk kepentingan pribadi saya , jadi saya mengabdikan diri untuk Desa ini sekaligus meneruskan amanat orangtua saya, begitu ujar Pak Ivan".

Selain itu, Pak Ivan juga menjelaskan bahwa ia juga memiliki sumber daya sehingga dapat terpilih menjadi Kepala Desa Kutoharjo, beliau menuturkan " Sumber daya yang saya miliki mas bukan sumber daya finansial, saya bahkan ketika berkampanye hanya datang membawa rokok 2 slop saja mas, padahal calon lain datang membawa sumber bumi seperti minyak,gula,dll dan juga membawa amplop, sedangkan saya hanya membawa 2 slop rokok saja, warga disini memilih saya karena kedekatan saya dengan warga Desa dan juga saya tidak terlalu mengejar jabatan mas, selain itu juga dari warisan orangtua saya dahulu, sehingga seperti yang saya bilang tadi, justru warga Desa ini yang mendorong saya untuk maju dalam pemilihan kepala desa di Desa Kutoharjo ini mas"

Dan Pak Ivan sendiri mengaku bahwa ia selalu merangkul warga-Warga Desa Kutoharjo agar ikatan kekeluargaan itu semakin kuat dengan cara beliau selalu mengikuti setiap kegiatan warga Desa, kadang beliau juga ikut berdiskusi dengan anak muda di Desa Kutoharjo, serta selalu mengayomi seluruh warga desa, sehingga harapan Pak Ivan kedepannya bahwa selama masa kepemimpinannya, Desa Kutoharjo menjadi desa yang tentram, damai, serta bermartabat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun