Mohon tunggu...
Alexa Kylla
Alexa Kylla Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Kristen Indonesia

Mahasiswi dari Universitas Kristen Indonesia hubungan internasional, dan memiliki hobby membaca buku

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Keberhasilan Sistem Pembelajaran Andragogi Bagi Mahasiswa Indonesia

15 Januari 2025   10:55 Diperbarui: 15 Januari 2025   10:54 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendidikan tinggi di Indonesia mengalami perkembangan pesat, dengan jumlah mahasiswa yang terus meningkat. Namun, masih ada tantangan dalam proses pembelajaran, terutama dalam meningkatkan kualitas dan efektivitas belajar. Seperti banyak kasus yang terjadi banyak mahasiswa di Indonesia masih kesulitan menemukan metode pembelajaran yang tepat bagi kebanyakan mahasiswa hal itu menyebabkan turunun nya semangat belajar dalam diri mahasiswa dan meningkatkan rasa ingin menyelesaikan segala sesuatu dengan instan seperti kasus yang sedang marak seperti ada nya joki tugas dan penggunaan teknologi AI.

 Mahasiswa sebagai dewasa muda memiliki kebutuhan dan karakteristik unik yang memerlukan pendekatan pembelajaran yang tepat. Andragogi, teori belajar dewasa yang dikembangkan oleh Malcolm Knowles, menawarkan pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis andragogi dapat meningkatkan motivasi, kemandirian, dan hasil belajar mahasiswa (Knowles, 1970; Sugiyono, 2018).

Andragogi adalah teori belajar dewasa yang dikembangkan oleh Malcolm Knowles (1970), yang menekankan pada proses pembelajaran yang berfokus pada kebutuhan, minat, dan pengalaman individu dewasa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran andragogi dapat meningkatkan motivasi belajar (76,5%), kemandirian (82,1%), dan hasil belajar (85,6%) mahasiswa. Hal ini sejalan dengan teori andragogi yang menekankan pada kebutuhan, minat, dan pengalaman individu dewasa.

Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Andragogi

1. Motivasi Belajar: Mahasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi cenderung lebih aktif dalam proses pembelajaran.

2. Pengalaman Belajar: Pengalaman belajar yang relevan dengan kehidupan nyata dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa

3. Kontrol Belajar: Mahasiswa yang memiliki kontrol atas proses belajar cenderung lebih mandiri.

Dapat dilihat dari semua sisi positif yang di hasil kan oleh sistem pembelajaran ini , dapat dipastikan jika sistem pembelajaran ini di terapkan oleh semua mahasiswa dapat membantu keberhasilan proses pembelajaran yang di inginkan 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun