PENINGKATAN KOMPETENSI Â MENGINTEGRASIKAN ANTAR APLIKASI PERKANTORAN Â MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BAGI SISWA
KELAS Â X DKV 1 SEMESTER SATU SMK N 1 KALIJAMBE
TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Oleh : Fadhly Ardhi Ashari
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi mengintegrasikan antar aplikasi perkantoran melalui penerapan model kooperatif learning dengan model pembelajaran Jigsaw. Pada Capaian Pembelajaran mengintegrasi antar aplikasi perkantoran ini diharapkan akan dapat meningkat dengan adanya penerapan metode pembelajaran yang inovatif yaitu penerapan metode kooperatif learning dengan model Jigsaw.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan kepada 35 siswa yang sebelum  menggunakan model  pembelajaran Jigsaw diperoleh ketuntasan belajar sebesar 41,66 % dan setelah menerapkan model pembelajaran Jigsaw diperoleh ketuntasan sebesar 69,44 % pada siklus 1  dan  100 %  pada siklus 2.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: ada peningkatan kompetensi mengintegrasikan antar aplikasi perkantoran melalui penerapan model pembelajaran Jigsaw bagi siswa kelas X DKV 1 semester satu SMK N 1 Kalijambe Tahun Pelajaran 2022/2023.
Â
Kata kunci : kompetensi mengintegrasikan aplikasi perkantoran, model pembelajaran jigsaw