- Pengertian Brand Awareness
Dalam (Priyatna & Kamilah, 2023) Keller dan Swaminathan mendefinisikan kesadaran merek sebagai sejauh mana sebuah merek tertanam dalam ingatan pelanggan yang ditentukan oleh kemampuan konsumen sendiri untuk mengingat merek di berbagai kondisi yang berbeda. Dapat disimpulkan bahwa brand awareness merupakan sebuah objek dalam komunikasi pemasaran kepada konsumen dimana konsumen akan mengingat atau menyadari terhadap merek (brand) tertentu secara tidak langsung menjadi tolak ukur pengetahuan konsumen pada saat pengambilan keputusan, selain itu konsumen  mengingat kemasan, gambar, warna, slogan ataupun melihat Influencer mempromosikan produknya.
- Tingkatan Brand Awareness
Â
                                                   Gambar Piramida Brand Awareness
      Brand awareness mempunyai 4 jumlah tingkatan ysng digambarkan melalui piramida mulai dari tingkatan paling rendah hingga tertinggi. Adapun definisi dari tingkatan paling rendah hingga tertinggi :
Â
- Unaware of Brand (tidak menyadari merek) tahapan terendah bahwa konsumen tidak mendapatkan informasi tentang merek sama sekali.
- Brand Recognition (pengenalan merek) tingkatan sedang ketika konsumen atau menentukan merek begitu saat melangsungkan pembelian merek sejenis.Â
- Brand Recall (pengingat kembali merek) tingkatan ini dapat dilandaskan atas permintaan orang lain agar membuat referensi pada merek dalam suatu kelompok produk tersebut.
- Top of Mind (puncak pikiran) titik puncak dalam otak konsumen misalnya seseorang ditanya lugas tanpa bantuan dan seseorang itu mengatakan satu merek.
Peran Brand Awareness
Adapun 4 klasifikasi nilai – nilai terhadap kesadaran merek yaitu :
Â
- Sumber asosiasi lain terhadap merek yang mempunyai brand awareness tinggi dapat menjalin asosiasi yang melekat pada merek di benak konsumen.
- Familier atau rasa suka karena konsumen akan terus menerus mengenal merek disebabkan oleh brand awareness yang tinggi pada akhirnya aka nada kecenderungan untuk lebih memiliki merek produk tersebut.
- Substansi atau komitmen dalam memperoleh kesadaran atau kehadiran, komitmen tanggung jawab, serta inti bagi perusahaan maka diperlukannya brand awareness.
- Mempertimbangkan Brand (merek)
- Awal mula bagi proses pembelian ialah menentukan merek terkenal dalam satu jenis sehingga dapat dipertimbangkan mana yang akan dibeli.
Indikator Brand Awareness
Menurut Keller dalam (Syahriah, Syamsuddin, & Syahrul, 2021)Â terdapat 4 indikator untuk mengenal kesadaran merek yaitu :
- Recall, mengingat suatu merek mana yang dapat mereka ingat konsumen akan lebih mudah mengingat merek dengan nama pendek, dapat  diucapkan dengan mudah, dan mempunyai arti jelas.
- Recognition, konsumen dapat membedakan merek masuk ke jenis kategori tertentu.
- Purchase, menyelidiki suatu merek untuk pilihan elektif saat melakukan pembelian produk/layanan dari suatu merek.
- Consumption, membedakan merek begitu sedang menggunakan merek pesaingnya.