Automation dan chatbot sering dikali disamakan. Padahal pada kenyataannya kedua hal ini berbeda walau bisa dibilang saling berhubungan antara satu sama lain.
Perbedaan sendiri terdapat pada fungsi dan kegunaan. Dimana Automation merupakan proses otomatisasi pada suatu hal atau pun platform yah.
Sedangkan chatbot merupakan salah satu bentuk dari automation itu sendiri. Chatbot bisa dibilang sebagai bagian dari automation. Namun, sering kali automation disamakan dengan chatbot.
Chatbot sendiri sering digunakan untuk membantu customer service dalam melayani customer. Dengan chatbot Anda mampu membantu waktu respon customer service Anda menjadi lebih baik.
Anda tentu bisa mengimpelementasikan Automation pada bisnis Anda dengan mudah apa lagi pada customer service. Anda bisa menggunakan WhatsApp Business API Wappin, email marketing, hingga live chat untuk membuat customer service Anda menjadi automation.
Dengan platform platform tersebut pula Anda bisa memasukan fitur chatbot yang membantu untuk menjawab customer atau mersepon customer dengan cepat jika menghubungi.
Tak bisa dimungkiri, saat ini automation akan sangat dibutuhkan dalam bisnis Anda khususnya dalam customer service Anda yah.
Automation dengan fitur chatbot yang dimiliki menjadi primadona bagi berbagai platform untuk menerapkannya. Tentu dengan bantuan automation bisnis Anda bisa lebih baik yah.
Jadi sudahkah bisnis Anda menggunakan automation atau menerapkan automation pada bisnis atau platform customer service yang Anda gunakan?
Ini bisa menjadi salah satu solusi untuk Anda dan bisa Anda coba pada bisnis Anda.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H