Marketing Automation merupakan penggunaan perangkat lunak (software) untuk mengotomatisasi proses pemasaran seperti segmentasi pelanggan, integrasi data pelanggan, dan manajemen kampanye.
Dalam marketing automation, Anda bisa menggunakan berbagai tools atau alat untuk membantu mengoptimalkan kegiatan marketing Anda.
Beberapa tools yang mungkin bisa menjadi refrensi untuk Anda gunakan dalam melakukan marketing automation dalam bisnis adalah sebagai berikut.
Email marketing merupakan platform atau tools yang bisa Anda gunakan untuk menjangkau customer dengan lebih mudah.
Selain membantu menjangkau customer, pada platform ini Anda bisa melakukan promosi secara langsung ke customer tanpa perlu takut diblokir yah.
Platform ini bisa dibilang sangat membantu Anda dalam melakukan kegiatan marketing automation.
Salah satu refrensi email marketing provider yang bisa Anda gunakan adalah DocoBlast, Mailchimp, dan sebagainya.
2. Platform Customer Service
Dalam bisnis Anda tentu memiliki layanan customer service yang siap membantu customer kapan saja dan dimana saja bukan?
Tentu diperlukan platform customer service yang mampu menunjang kegiatan tersebut karena Anda perlu berinteraksi dengan customer secepatnya.