Mohon tunggu...
Aldo Surya
Aldo Surya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Mahasiswa Program Surabaya Mengajar 5 2024 dari Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pemberian Materi dan Pelatihan Pengenalan Berbagai Teknik Regulasi Emosi untuk Siswa SDN Menur Pumpungan IV/236

26 Juni 2024   12:32 Diperbarui: 26 Juni 2024   12:52 195
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
SDN Menur Pumpungan IV/236/dokpri

     

Pelatihan regulasi emosi bagi siswa sekolah dasar merupakan upaya penting dalam mendukung perkembangan sosial-emosional anak. Program ini bertujuan untuk membantu siswa memahami, mengelola, dan mengekspresikan emosi mereka dengan cara yang sehat dan adaptif. Anak-anak di usia sekolah dasar sering kali menghadapi berbagai tantangan emosional, termasuk stres akademis, konflik dengan teman sebaya, dan perubahan dalam lingkungan keluarga. 

Menurut Denham et al. (2012), keterampilan regulasi emosi yang baik berkontribusi secara signifikan terhadap kesejahteraan psikologis dan kinerja akademis anak. Melalui pelatihan ini, siswa diajarkan teknik-teknik seperti pernapasan dalam, pemecahan masalah, dan cara berkomunikasi yang efektif ketika merasa marah atau frustrasi. Dengan pengembangan keterampilan ini, diharapkan siswa dapat membangun fondasi emosional yang kuat, yang akan mendukung keberhasilan mereka baik di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari. 

      Pelatihan regulasi emosi bagi siswa SD mencakup beberapa teknik utama untuk membantu mereka mengelola emosi dengan lebih baik. Dimulai dengan pengenalan jenis emosi, siswa diajak untuk mengenali dan memahami berbagai emosi dasar seperti senang, sedih, marah, dan takut melalui diskusi interaktif dan permainan kartu emosi. Selanjutnya, teknik pernapasan diajarkan untuk membantu siswa menenangkan diri saat merasa cemas atau marah, dengan fokus pada pernapasan dalam dan perlahan. 

Teknik "Butterfly Hug" juga diperkenalkan, di mana siswa memeluk diri sendiri dan menepuk bahu secara bergantian untuk menciptakan perasaan nyaman dan aman. Terakhir, journaling digunakan sebagai alat untuk membantu siswa mengekspresikan perasaan mereka secara tertulis, memungkinkan mereka untuk merefleksikan pengalaman emosional mereka dan menemukan pola dalam respons emosional mereka. 

Menurut Denham et al. (2012), teknik-teknik ini dapat meningkatkan keterampilan regulasi emosi dan berkontribusi pada kesejahteraan psikologis anak-anak.

     Materi mengenal emosi bagi siswa SD bertujuan untuk membantu mereka mengenali dan memahami berbagai emosi yang mereka alami sehari-hari. 

Dalam sesi ini, siswa diperkenalkan pada emosi dasar seperti senang, sedih, marah, takut, dan terkejut. Melalui kegiatan interaktif seperti permainan kartu emosi, cerita bergambar, dan diskusi kelompok, siswa belajar mengidentifikasi emosi-emosi ini dalam diri mereka sendiri dan orang lain. 

Selain itu, mereka diajak untuk berbagi pengalaman pribadi terkait situasi yang memicu emosi tertentu dan bagaimana mereka meresponsnya. Pemahaman yang lebih baik tentang emosi ini membantu siswa mengembangkan empati dan meningkatkan keterampilan sosial mereka, serta membekali mereka dengan strategi yang efektif untuk mengelola emosi secara sehat. 

Mengenalkan regulasi emosi kepada anak-anak SD adalah proses yang penting dan harus dilakukan dengan cara yang sederhana dan menarik. Berikut adalah beberapa cara yang efektif:

  • Pengenalan Emosi:
    • Diskusi Emosi: Mulailah dengan menjelaskan berbagai jenis emosi seperti senang, sedih, marah, dan takut. Gunakan cerita, gambar, atau video untuk membuat konsep ini lebih menarik dan mudah dipahami.
    • Kartu Emosi: Gunakan kartu bergambar yang menunjukkan berbagai ekspresi wajah. Mintalah anak-anak untuk mencocokkan kartu dengan situasi tertentu atau pengalaman pribadi mereka.
    • Mengenalkan beberapa cara untuk meredakan emosi dengan tetap patuh dengan aturan sekolah

Teknik pernapasan adalah metode penting dalam regulasi emosi yang membantu anak-anak SD untuk menenangkan diri dan mengelola stres. Teknik ini melibatkan latihan pernapasan yang dalam dan terkontrol, yang dapat menurunkan tingkat kecemasan dan meningkatkan fokus. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun