Mohon tunggu...
Aldi Sutanto
Aldi Sutanto Mohon Tunggu... -

Penulis dan penggemar dunia online.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

5 Tips untuk Mengurangi Tingkat Stres di Kantor

12 Mei 2015   11:57 Diperbarui: 17 Juni 2015   07:08 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bekerja adalah sebuah kewajiban dan cara untuk bertahan hidup dengan menjadi karyawan pada suatu perusahaan atau menjalankan bisnis yang sesuai dengan passion. Namun, terkadang ada waktunya ketika Anda merasa tidak nyaman dan betah saat bekerja. Hal ini adalah normal, karena Anda sedang pada titik jenuh. Ada beberapa tips agar Anda tidak terlalu stres dan kembali nyaman dengan pekerjaan Anda. Berikut tips-tipsnya:

1. Tinggal Dekat Kantor dan Akses Mudah

Kantor jauh dari rumah memang membuat berat hati untuk melangkah ke tempat kerja. Untuk itu ngekost atau menyewa rumah adalah jawaban untuk Anda agar tidak dipusingkan dengan lalu lintas padat yang harus dilewati setiap harinya. Dan lagi, Anda tidak akan kelelahan saat pergi dan pulang, karena jarak dari kantor dengan tempat ngekost Anda yang dekat.

2. Tidak Membawa Pulang Kerjaan

Waktu istirahat adalah hak Anda untuk mengistirahatkan pikiran dan tenaga dari kerjaan yang tidak akan pernah habis. Usahakan waktu Anda bekerja digunakan dengan efektif dan efisien agar Anda memiliki waktu istirahat yang cukup untuk mengisi tenaga dan pikiran untuk siap menghadapi hari esok. Bekerja terlalu berlebihan akan membuat kinerja Anda turun dan hal ini juga akan berdampak pada kesehatan Anda.

3. Akrab & Dekat Dengan Relasi Kantor

Saat keadaan kantor sudah seperti keluarga, maka Anda akan merasa nyaman dan betah untuk terus bekerja di kantor. Hal inilah yang sangat penting untuk sebuah perusahaan ketika ingin menjaga karyawannya tetap bahagia. Dan, ketika Anda dekat dengan semua orang, Anda memiliki sebuah topik yang dapat dibicarakan saat merasa suntuk akibat pekerjaan.

4. Melakukan Relaksasi

Jangan lupa menjalankan ibadah anda selama menjalankan berbagai tugas kantor seperti solat wajib, salat sunat, puasa wajib, puasa sunah, dan lain-lain. Jika anda bekerja ikhlas demi Allah dan tidak banyak mengharap imbalan yang besar, maka anda bekerja akan tenang, nyaman, damai, tentram dan tanpa beban. Menghilangkan penat dan mengurangi kejenuhan di kantor dapat dilakukan dengan cara mengosongkan waktu untuk melakukan relaksasi. Rilaksasi dapat berupa liburan sendiri atau bersama teman, mendatangi pijat refleksi untuk melonggarkan otot-otot Anda, dan apapun itu yang dapat membuat Anda rileks. Melakukan perawatan tubuh dan kulit bagi wanita juga merupakan kegiatan yang dapat membuatnya menjadi rileks dan menghilangkan penat.

5. Cari Solusi, Bukan Cari Sebab Permasalahan

Setiap masalah memiliki tingkat kesulitannya masing-masing. Untuk itu, selalu cari solusi bukannya menunjuk seseorang untuk bertanggung jawab, karena dialah yang menyebabkan masalah ini muncul. Ada baiknya Anda selalu mempelajari teknologi baru dan ilmu baru untuk mempermudah pekerjaan Anda.

Nah, sebuah pekerjaan seharusnya menjadi lebih menyenangkan jika kita menikmatinya bukan? Pekerjaan memang sebuah hal yang terkadang menyebalkan, tetapi hal itu bukanlah sebuah hal besar yang akan menghalangi Anda untuk mencapai mimpi bukan. Berpikir positif dan teruslah bersemangat!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun