Bangetayu Wetan (28/07). Pembelajaran daring yang berkepanjangan membuat siswa di MI Al-Hikmah Bangetayu Wetan mengalami kejenuhan dalam kegiatan belajar. Selama kegiatan belajar secara daring, materi pembelajaran yang diberikan adalah dalam bentuk teori dan juga pengerjaan tugas. Kegiatan pembelajaran secara praktik pun menjadi terkendala karena pembelajaran dilakukan secara daring.
Kini kegiatan pembelajaran sudah dilaksanakan secara tatap muka, walau masih dengan waktu yang terbatas. Namun walaupun kegiatan pembelajaran secara tatap muka, para siswa MI Al-Hikmah Bangetayu Wetan masih belum mendapatkan kegiatan pembelajaran secara praktik pada mata pelajaran IPA. Melihat keadaan ini, mahasiswa jurusan Fisika KKN TIM II Universitas Diponegoro 2022 mengadakan program KKN yaitu mengajarkan ilmu Sains kepada siswa kelas 4 dan 5 SD di MI Al-Hikmah Bangetayu Wetan melalui eksperimen yang menarik dan mudah dipahami, sebagai salah satu cara untuk menghilangkan rasa jenuh dalam kegiatan pembelajaran, terutama mata pelajaran IPA.
Kegiatan eksperimen yang dilakukan adalah membuat air pelangi yang tidak dapat tercampur satu sama lain dan eksperimen gelas plastik yang tidak dapat terbakar. Dalam eksperimen pembuatan air warna-warni ini, siswa kelas 4 dan 5 SD diajarkan tentang konsep massa jenis dengan adanya air warna-warni yang tidak dapat tercampur.
Kemudian, dalam kegiatan eksperimen gelas plastik yang tidak dibakar, siswa diajarkan tentang konsep perpindahan kalor. Dengan adanya air yang diberikan pada gelas plastik, maka gelas plastik tidak akan terbakar ketika deiletakkan diatas lilin dikarenakan kalor atau panas pada api lilin diserap oleh air.
Selain memberikan pembelajaran sains melalui eksperimen, mahasiswa jurusan Fisika KKN TIM II Universitas Diponegoro tahun 2022 juga membagikan booklet eksperimen kepada setiap kelas dan pihak MI Al-Hikmah agar nantinya booklet tersebut dapat digunakan sebagai acuan dalam kegiatan pembelajaran IPA secara praktik di tahun-tahun berikutnya. Harapannya, dengan diadakannya kegiatan pembelajaran IPA melalui Eksperimen yang menarik, siswa dapat memahami materi lebih baik lagi dan juga terwujudnya salah satu SDGs poin ke-4, yaitu pendidikan yang berkualitas.
Penulis : Aldino Bagaskara
DPL : Agus Naryoso., S.Sos., M.Si.
Periode : KKN TIM II UNDIP 2021/2022