Mohon tunggu...
Aldi Setiawan
Aldi Setiawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hi everyone, welcome to my world!

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Part Time Sambil Kuliah Tidaklah Semudah yang Terlihat

29 Juni 2022   00:37 Diperbarui: 29 Juni 2022   01:00 1623
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kerja paruh waktu atau part time job adalah pekerjaan dengan jam kerja lebih singkat daripada full time job. Hal tersebut yang membuat banyak mahasiswa berpikir mereka dapat dengan mudah membagi waktu kuliah mereka dengan bekerja. 

Hal tersebut merupakan apa yang saya pikirkan bahkan sebelum saya memulai perkuliahan. Setelah lulus SMK saya bertekad untuk berkuliah walaupun saya tahu orang tua saya tidak cukup mampu untuk menanggung biayanya. 

Oleh karena itu, kerja part time menjadi solusi utama saya untuk bisa tetap hidup. Walaupun saya berhasil mendapatkan beasiswa full dan uang saku, namun tetap saja saya rasa bekerja tetap menjadi keharusan karena uang saku tersebut tidaklah cukup untuk membaiayai saya untuk tetap hidup di perantauan dengan minimnya uang transferan dari rumah.

Dari awal masuk kuliah semester satu, saya sudah mencari-cari pekerjaan part time walaupun sulit karena jarangnya lowongan pekerjaan untuk mahasiswa semester bawah, biasanya yang dicari adalah mahasiswa santai semester tujuh keatas. 

Pada akhirnya saya mendapatkan pekerjaan part time pertama saya di semester 3 dengan modal nekad karena jam kerjanya ternyata tidak sesingkat itu. Ternyata belakangan ini banyak perusahan meninggalkan konsep part time yang sebenarnya. 

Alih-alih jam kerja yang lebih singkat, part time sekarang kebanyakan memiliki durasi jam kerja yang sama dengan karyawan full time, bedanya hanya di hari kerjanya saja yang tidak full sebulan. Hal tersebut tentu akan lebih menyulitkan untuk mahasiswa karena di hari kerja saya tidak memiliki waktu yang cukup untuk kegiatan kuliah. 

Oleh karena inilah, saya tidak bisa mengikuti banyak kegiatan kampus seperti anak kuliahan biasanya, contohnya organisasi atau bahkan kuliah offline ke kampus. 

Yap, tentunya tidaklah ada waktu luang untuk pergi ke kampus apabila saya kerja hampir seharian, oleh karena itu kuliah online adalah solusi yang saya pilih. Jangan lupakan tugas-tugas kuliah yang menumpuk apalagi tugas dengan deadline dadakan. 

Apabila kamu anak beasiswa seperti saya, kamu juga akan dibuat keteteran dengan kewajiban-kewajiban yang harus ditanggung anak beasiswa seperti mengikuti seminar, pelatihan, lomba, publikasi dan kegiatan-kegitan lainnya. Hal tersebut merupakan neraka bagi mahasiswa yang bekerja.

Walaupun saat ini saya sudah pindah tempat kerja dengan jam kerja lebih singkat lebih singkat, namun kesulitannya tetaplah sama. 

Oleh karena itu, untuk kamu yang sedang cari referensi kerja part time saat kuliah, saya sarankan untuk kamu lakukan saat semester atas saja ketika sudah tidak banyak kegiatan kuliah lagi, karena part time tidaklah bekerja main-main, ketika kamu berkomitmen bekerja part time hal itu berarti kamu memiliki dua tanggung jawab sekaligus yang harus kamu sanggupi kewajibannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun