Mohon tunggu...
Geralda ManuelaHorta
Geralda ManuelaHorta Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Ilmu Hubungan Internasional

Writing as a hobby

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Unicef dalam Mengatasi Permasalahan Kesehatan Mental pada Anak akibat Pandemi Covid-19

11 Juni 2022   16:23 Diperbarui: 11 Juni 2022   16:29 694
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

                                                                                                                                PENDAHULUAN

Latar Belakang

Anak merupakan generasi penerus bangsa yang akan menjadi penerus perjuangan setiap bangsa dan kandidat pemimpin masa depan, kedudukan anak di dunia menjadi cukup penting, karena orientasinya mengarah kepada pembangunan bangsa di era reformasi dan globalisasi. Namun, Seperti yang kita ketahui bahwasannya, pada awal bulan Desember tahun 2019 lalu dunia dihadapkan dengan sebuah wabah virus penyakit yang mematikan yang dikenal dengan  virus Covid-19. Penyakit Coronavirus (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-CoV2 (World Health Organization, 2020). Kebanyakan orang yang terinfeksi virus akan mengalami penyakit pernapasan ringan hingga sedang dan sembuh tanpa memerlukan perawatan khusus. Namun, beberapa akan menjadi sakit parah dan memerlukan perhatian medis. Orang yang lebih tua dan mereka yang memiliki kondisi medis mendasar seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, penyakit pernapasan kronis, atau kanker lebih mungkin mengembangkan penyakit serius.

Covid-19 yang saat ini mewabah secara global di ratusan negara di dunia menjadi salah satu pandemi yang paling banyak menyita perhatian dunia. Hingga 26 September 2021 menurut Worldometer terdapat 233,699,967 kasus orang yang terpapar virus  di seluruh dunia, 4,781,875 kasus orang meninggal dan 210,533,555 kasus orang sembuh Parahnya lagi, hal itu terjadi dalam tempo yang cepat dan skala yang luas. Semenjak wabah virus ini semakin pesat penyebarannya setiap negara harus memberhentikan segala aktivitas yang dapat menimbulkan kerumunan dan mengeluarkan kebijakannya masing-masing untuk memutus matarantai penyebaran Covid-19, bahkan beberapa negara di dunia menerapkan kebijakan lockdown sementara. Tentunya dengan adanya kebijakan ini menimbulkan dampak yang besar pada setiap lapisan masyarakat terutama pada anak. Dampak yang paling signifikan yaitu terjadi pada kesehatan mental setiap anak.

Seorang dokter bernama Dr. Daphne Korczak, Psikiater Anak dan Remaja di SickKids dan Principal Investigator menemukan bahwa secara keseluruhan, anak-anak sebagian besar bernasib lebih buruk, dan kadang-kadang lebih baik, dibandingkan dengan diri mereka sebelum pandemi. Penelitian mengenai dampak pandemi COVID-19 pada kesehatan mental anak dan remaja studi tersebut menemukan bahwa anak-anak dan remaja mengalami dampak kesehatan mental keseluruhan yang relatif sama, terlepas dari riwayat klinis mereka. Para peneliti mengatakan ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk penutupan layanan berbasis sekolah yang dikombinasikan dengan tantangan pembelajaran online yang lebih besar, pengurangan layanan perawatan di rumah, dan gangguan pada rutinitas sehari-hari. Pada anak-anak dan remaja, pandemi dan penguncian memiliki dampak yang lebih besar pada perkembangan emosional dan sosial dibandingkan dengan orang dewasa. Meskipun, kondisi psikologis yang parah dari peningkatan iritabilitas, kurangnya perhatian, dan perilaku menempel diungkapkan oleh semua anak tanpa memandang kelompok usia mereka (Viner et al., 2020a). Berdasarkan kuesioner yang diisi oleh orang tua, temuan mengungkapkan bahwa anak-anak merasa tidak pasti, takut dan terisolasi selama masa sekarang. Itu juga menunjukkan bahwa anak-anak mengalami gangguan tidur, mimpi buruk, nafsu makan yang buruk, agitasi, kurangnya perhatian dan kecemasan terkait perpisahan (Jiao et al., 2020).

Dalam permasalahan anak ini tentunya di perlukan peran dari setiap masyarakat serta lembaga-lembaga terkait anak. UNICEF merupakan kepanjangan dari United Nations Children's Fund yang merupakan salah satu organisasi internasional dibawah naungan PBB. Organisasi UNICEF sendiri didirikan pada tanggal 11 Desember 1946 dan bermarkas di New York, Amerika Serikat. UNICEF merupakan kekuatan pendorong yang turut membantu pembangunan dunia untuk merealisasikan hak -- hak anak. UNICEF memiliki totaritas global dalam mempengaruhi para pengambil keputusan serta berbagai mitra pada tingkat dasar untuk mengubah suatu gagasan yang inovatif menjadi suatu kenyataan. UNICEF bekerja di tempat-tempat tersulit di dunia untuk menjangkau anak-anak dan remaja yang paling kurang beruntung dan untuk melindungi hak-hak setiap anak, di mana pun mereka berada. Di saat ini jugalah UNICEF bekerja untuk memperlambat penyebaran COVID-19 serta membantu mengatasi permasalahan kesehatan mental pada anak akibat pandemi Covid-19.

                                                                                                                                PEMBAHASAN

COVID-19 memiliki dampak yang menghancurkan pada anak-anak dan keluarga mereka. Saat ini, 99% anak-anak di dunia hidup di bawah beberapa bentuk pembatasan pergerakan terkait pandemi 60% tinggal di negara-negara di bawah penguncian penuh atau sebagian dan 1,5 miliar anak tidak bersekolah. Hal ini sangat tragis bagi anak-anak termiskin, yang mengandalkan program pemberian makanan di sekolah untuk satu-satunya makanan harian mereka yang konsisten. Stresor ini menimbulkan tantangan serius bagi kesehatan mental dan kesejahteraan baik dalam jangka pendek maupun dalam beberapa bulan dan tahun mendatang. Anak-anak yang lebih kecil memiliki risiko besar, karena tingkat stres dan isolasi yang tinggi dapat memengaruhi perkembangan otak, terkadang dengan konsekuensi jangka panjang yang tidak dapat diperbaiki. Perlindungan sosial memainkan peran penting dalam tanggapan tersebut, dengan negara-negara memperluas cakupan perlindungan sosial mereka dan memperluas program bantuan tunai nasional. Laporan ini menyoroti peran UNICEF dalam mendukung pemerintah dengan respon perlindungan sosial langsung dan pemulihan jangka panjang.

Pada tahap awal pandemi, UNICEF bergabung dengan lembaga mitra lain untuk mensurvei 1.700 anak, orang tua, guru, dan pengasuh di 104 negara tentang bagaimana pandemi memengaruhi kehidupan mereka terutama kesehatan mental dan kesejahteraan psikososial mereka. UNICEF tengah bekerja sama dengan mitra utama untuk mengembangkan perangkat yang dapat digunakan oleh negara-negara untuk memantau gangguan layanan kesehatan dan menyesuaikan program yang sesuai. Dari survei yang di dapat anak-anak memberi tahu bahwa mereka khawatir terisolasi dari keluarga dan teman-teman dan tertular virus Covid-19 atau bahkan mati karena virus. Orang tua juga memberi tahu bahwa mereka bingung tentang bagaimana mengatasi ketakutan anak-anak mereka, atau bagaimana menjelaskan tindakan penahanan yang ekstrem, seperti jarak sosial. Berdasarkan survei, UNICEF bergabung dengan sejumlah agensi dan organisasi mitra untuk mengembangkan My Hero is You sebuah buku cerita untuk anak-anak yang membantu mereka lebih memahami COVID-19 dan bagaimana mereka dapat melindungi diri mereka sendiri. UNICEF juga berkolaborasi dengan Stanford Universitas untuk mengubah buku Hero is You menjadi video untuk meningkatkan aksesibilitas di masyarakat yang tidak mengenal huruf. UNICEF memanfaatkan teknologi digital untuk menawarkan sumber daya pengasuhan kepada orang tua, memperluas jangkauan pesan kesehatan mental dan kesejahteraan, memfasilitasi hubungan antara anak-anak dan pekerja sosial melalui proses manajemen kasus yang inovatif,  memperluas ketersediaan pembinaan dan pengawasan bagi pekerja sosial melalui solusi jarak jauh dan online yang lebih baik serta menambahkan tingkat layanan jarak jauh seperti saluran bantuan yang berpotensi memperluas penyediaan layanan pasca-COVID-19 da juga melibatkan masyarakat dalam cara-cara baru untuk berkomunikasi dan memastikan keamanan dalam pembelajaran online setelah penutupan sekolah yang meluas.

Sejak kasus COVID-19 dilaporkan, UNICEF juga telah memimpin upaya bersama pemerintah, Organisasi Kesehatan Dunia, dan mitra lainnya untuk menanggapi pandemi. Dari memberikan pasokan kesehatan yang menyelamatkan jiwa dan mendukung kelanjutan layanan kesehatan dan nutrisi penting, hingga membangun fasilitas air dan kebersihan, serta menjaga anak perempuan dan laki-laki tetap terhubung dengan pendidikan dan perlindungan, UNICEF bekerja untuk memperlambat penyebaran COVID-19 dan meminimalkannya. berdampak pada anak-anak. UNICEF telah meluncurkan kampanye komunikasi massal untuk menyampaikan pesan dan saran kesehatan masyarakat kepada anak-anak dan orang tua tentang risiko virus dan bagaimana melindungi diri mereka sendiri. Dan pada saat informasi yang salah dapat sangat merugikan, UNICEF bermitra dengan platform seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan LinkedIn untuk membantah rumor dan memastikan bahwa publik memiliki fakta.

Dengan upaya UNICEF yang telah berfokus terus memberikan layanan terbaik, untuk menanggapi kebutuhan dan menjangkau anak-anak yang rentan di tengah pembatasan dengan menyediakan layanan dan menawarkan dukungan kepada anak-anak yang memiliki ganguan mental tentunya hal ini memberikan dampak positif. Mulai pertengahan September, mereka telah menyediakan lebih dari 70 juta anak dan pengasuh dengan mental berbasis komunitas dukungan dan pesan kesehatan dan psikososial di 118 negara. Hal ini telah mengurangi adanya gangguan mental yang muncul serta risiko gangguan kesehatan kepada anak. Dengan beberapa dampak tersebut UNICEF tentunya memiliki rancangan yang lebih baik lagi, saat ini UNICEF bersama dengan mitra utama, sedang menganalisis bukti yang signifikan tentang efek COVID-19 pada kesehatan anak dan remaja, termasuk mortalitas dan morbiditas langsung/tidak langsung dari pandemi. UNICEF juga sedang menilai bagaimana dampak sosial-ekonomi dari tindakan penahanan memengaruhi kesehatan dan kesejahteraan anak dan remaja secara keseluruhan. UNICEF sekarang juga bekerja untuk mengintegrasikan kesehatan mental dan dukungan psikososial dalam beberapa cara dari pembelajaran jarak jauh untuk anak-anak yang putus sekolah, hingga mendukung kesehatan mental pekerja garis depan, UNICEF secara proaktif menjangkau anak-anak yang menunjukkan tanda-tanda kondisi kesehatan mental yang sudah ada sebelumnya, menggunakan teknologi untuk menjangkau anak-anak yang membutuhkan dukungan dan konseling secara langsung. Dengan kantor di 192 negara, dalam berbagai konteks, UNICEF siap mendukung pemerintah dan pihak berwenang saat mereka merancang dan menerapkan langkah-langkah ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun