Mohon tunggu...
Alda 2000
Alda 2000 Mohon Tunggu... Mahasiswa

Membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sel( social emotional atau leaning) dan casel ( collaborative academic sosial emotional leaning)

19 Januari 2025   10:25 Diperbarui: 19 Januari 2025   10:25 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

SOCIAL EMOTIONAL LEARNING ON STUDENTS'LEARNING MOTIVATION TO YOUNG LEARNERS

This study investigates the impact of Social Emotional Learning (SEL) on the learning motivation of young learners. SEL, a framework that integrates social and emotional development into the learning process, plays a crucial role in shaping students' attitudes and behaviors toward education. By utilizing a Systematic Literature Review (SLR) method, this research synthesizes findings from various academic sources to understand how SEL programs enhance motivation among young learners. The study identifies key strategies within SEL, such as fostering self-awareness, empathy, and effective communication, that contribute to creating a positive and engaging learning environment. Findings from the review suggest that SEL implementation not only improves students' motivation but also supports their overall academic and emotional development. This research provides valuable insights for educators and policymakers seeking to incorporate SEL into early education systems, aiming to foster more motivated and emotionally resilient learners.

Social Emotional Learning (SEL) to Reduce Student Academic Stress during the COVID-19 Pandemic

Baiq Sandiati Yuliandri, Hariz Enggar Wijaya

Proceding of Inter-Islamic University Conference on Psychology 1 (1), 2021

The pandemic COVID-19 has made many changes to life community systems. The educational system is one of its. The effect of the pandemic, made the schools must use the online system. The online system has been the worst effect, such as a stress academic. Strategy to solve that problem is appliying the social-emotional learning (SEL) method to reduce a number of academic stress. This study aims to give a solution to face an online learning system during the COVID-19 pandemic. This study used a literature review to get some journals about social-emotional learning (SEL). The result found that social-emotional learning has been contributed to learning activities by appliying the five components of social-emotional learning (SEL) are meliputi self-awereness, social-awareness, self-management, relationship skill dan responsible decision making. Therefore, the teachers, students, and parent important to have a deeper understanding of social-emotional learning (SEL)

OPTIMALISASI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN SOCIAL EMOTIONAL LEARNING (SEL)

Isnani Hamidah Pratiwi, Seviena Muria Putri, Siska Dewi Rahmawati, Yuliana Putri Puspitasari

MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1 (3), 65-71, 2024

Pembelajaran Social Emotional Learning (SEL) merupakan pembelajaran yang berfokus pada pengembangan keterampilan siswa dalam belajar dan berkehidupan. Tujuan pembelajaran SEL adalah untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan siswa secara keseluruhan termasuk perkembangan karakter siswa. Pembelajaran SEL memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan karakter siswa karena dapat mengembangkan karakter siswa dengan berfokus pada pengembangan keterampilan sosial, emosional dan nilai-nilai yang mendukung perilaku positif siswa dalam berkehidupan. Tinjauan pustaka dilakukan dengan melakukan kajian literatur bertujuan untuk mengkaji penerapan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran SEL terhadap pembentukan karakter siswa di sekolah dasar. Penelusuran literatur dilakukan melalui database Google Scholar periode tahun 2013-2023. Berdasarkan ekstraksi artikel didapatkan 4 artikel yang sesuai pada pembahasan yang menunjukkan bahwa pentingnya pembelajaran Social Emotional Learning (SEL) di sekolah dasar, karena dapat mempengaruhi pembentukan karakter peserta didik melalui proses siswa mengelola emosi, mengatur tujuan positif, dan menunjukkan empati. Pembelajaran sosial emosional sangatlah penting, karena dengan mengenali sosial emosional anak didik kita dapat menentukan langkah apa yang akan kita ambil untuk menanamkan karakter pada siswa. Pembelajaran sosial emosional dapat meminimalisir perilaku-perilaku negatif dan menanamkan perilaku-perilaku positif sehingga terbentuknya karakter unggul pada anak.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun