Mohon tunggu...
Andi Ardianto
Andi Ardianto Mohon Tunggu... Guru - Guru SD IT Insan Cendekia

Semoga tulisan yang saya hasilkan bisa menjadi amal yang terus mengalir.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2 PGP: Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

20 Februari 2024   16:34 Diperbarui: 21 Februari 2024   05:01 3122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Contoh jawaban Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2 Pendidikan Guru Penggerak: Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya.

1. Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi

Jawab:

" Terwujudnya lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan serta berpihak pada murid."

2. Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?

Jawab:

" Mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar murid."

3. Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?

Jawab:

"Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar?"

4. Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan : BAGJA

Jawab:

B. Buat Pertanyaan Utama

Pertanyaan

  • Apa yang harus saya lakukan untuk meningkatkan belajar siswa ?
  • Bagaiman cara menciptakan kelas yang nyaman dan menyenangkan agar siswa semangat dalam belajar?

Tindakan

  • Guru berdiskusi dengan teman sejawat tentang prakarsa perubahan yang akan dilakukan.
  • Guru menulis di papan tulis mengenai " Penyemangat Belajar " yang menundng ras ingin tahu murid kemudian mendiskusikan dengan murid.
  • Guru mengajukan pertanyaan " Apa yang muncul dipikiran kalian setelah membaca tulisan di papan tulis?"
  • Guru mengali informasi pendapat dan pengalaman murid terkait kelas yang menyenangkan untuk belajar.
  • Guru menanyakan hal - hal yang disukai di dalam kelas yang dapat meningkatkan semangat belajar

A. Ambil Pelajaran

Pertanyaan:

  • Aktifitas apa yang bisa meningkatkan semangat belajar murid ?
  • Bagaimana strategi untuk mengali inspirasi tentang kelas impian murid?

Tindakan

  • Guru mengajukan pertanyan kepada murid untuk mengali informasi hal - hal apa saja yang dapat menjadikan penyemangat belajar murid.
  • Guru mengindentifikasi hal - hal yang disukai murid terhadap kelasnya
  • Guru mengarahkan untuk mengunjungi kelas lain untuk mencari inspirasi yang bisa membuat penyemangat di kelas.
  • Guru mengarahkan murid untuk melakukan tanya jawab kepada kelas yang telh dikunjungi untuk mengeksplor hal yang ingi mereka ketahui dan membuat catatan.
  • Guru mendiskusikan dengan murid hal - hal yang mereka suaki dikelas dan kelas lain yang mereka kunjungi.

G: Gali Pelajaran

Pertanyaan:

  • Apakah dengan menghias dan mengatur dapat membuat nyaman dan menyenangkan kelas serta dapat menambah semangat murid?
  • Apa yang dilakukan guru untuk mengali keinginan murid dalam menumbuhkan semangat belajar ?

Tindakan

  • Murid menga,bil alat dan bahan yang di sediakn guru untuk kelompok
  • Guru membimbing murid untuk membayangkan impian kelas yang mereka inginkan yaitu kelas yang aman dan menyenangkan serta menjadi penyemangat mereka dalm belajar.
  • Guru meminta murid untuk mendiskusikan dan menuangkan dalam bentuk gambar ,kelas seprti apa yang mereka impikan.
  • Guru meminta murid untuk mempresentasikan kelas impaian mereka.

J: Jabarkan Rencana

Pertanyaan:

Kegiatan apa saja yang harus dilakukan untuk mewujudkan kelas impaian yaitu kelas yang nyaman dan menyenangkan serta menjadi penyemangant dalam belajar.

Tindakan:

  • Murid diajak untuk berkontribusi menentukan kebutuhan untuk mewujudkan kelas impian '
  • Guru mengajak murid unutk menyebutkan apa saj kebutuhan yang dibutuhkan untuk mewujudkan kelas impian.
  • Guru membantu murid menuliskan kebutuhan untuk mewujudkan impian kelas.
  • Guru membagi tugas setiao murid untuk mewujudkan kelas impian.

A: Atur Eksekusi

Pertanyaan:

  • Siapa saja yang terlibat dalam kegiatan ini ?
  • Kapan kegiatan ini akan dilaksanakan ?
  • Bagaiman kegiatan ini biar berjaln dengan lancar?

Tindakan:

  • Guru mengajak murid untuk menentukan pembagian kelompok'
  • Guru dan murid berdiskusi membicarakaaaaaaaan kegiatan ini kapan akan dilaksanakan dan membuat jadwal.
  • Murid dengan bimbinan guru mengerjakan tugas yang diberikan sesuai jadwalyang sudah disepakati.
  • Murid dengan bimbingan guru bergotong royong mengatur ruang kelas sesuai dengan impian sebagi penyemangat belajar.

5. Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?

Jawab:

Seorang guru sebagai pemimpin pembelajaran dalam video tersebut,menunjukan perannya sebagi berikut:

  • mampu mengembangkan komonitas dikelasnya melalui pendekatan berbasis aset dimana guru mengali dan memetakan modal dan kekuatan yang ada demi mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan.
  • Guru melibatkan teman sejawat dalam merumuskan prakarsa perubahan dan murid sebagai pelaksana dalam kegiatan ini guru berperan ebagi manajer dalam kolaborasi.
  • Guru sebagai fasilitator yang menfasilitasi murid untuk m,ewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan
  • Guru berpihak kepada murid dengan melibatkan murid secara penuh dalam mewujudkan kelas yang nyaman dan mneyenangkan.

6. Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalam tayangan video? lalu bagaimana pemanfataannya?

Jawab:

A. Modal Manusia

  • Adanya pemangku kepentinganyang siap mendukung
  • Rekan sejawat yang mendukung perubahan positif.
  • Guru yang memiliki strstegi untuk memetakan sumber daya tau aset sehingga dapat mewujudkan kelas impian.
  • Murid yang koopertif ,kreatif .mandiri dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan untuk merancang kelas yang nyaman dan menyenagkan.

B. Modal alam lingkungan

  • Mengunakan bahan ramah lingkungan untuk menghias kelas.

C. Modal Sosial

  • Berkolaborasi dengan teman sejawat untuk merumuskan prakarsa perubahan
  • Bekerjasama dengan walikelas lain untuk observasi dikelasnya.
  • Gotong royong yang dilakukan semua murid.

D. Modal Finansial

  • Memiliki dana BOS yang dimanfaatakn untuk kegiatan murid
  • Kas kelas untuk keperluan membeli alat dan bahan untuk mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan'

E. Modal Fisik

  • Memanfaatkan ruang kelas untuk mewujudkan kelas impian untuk sarana penyemangat belajar.
  • Memanfaatkan sudu - sudut kelas unutk prasarana yang bel;um digunakan secara maksimal.
  • Buku untuk menunjang pembelajaran.

F. Modal agama/ budaya

  • Memanfaatkan sikap santun murid dan bergotong royong yang sudah membudayakan dalam bekerja sama untuk mewujudkan kelas impaian yang aman dan menyenanagkan.

G. Modal Politik

  • Memiliki kepala Sekolah yang selalu mendukung kegiatan yang positif melalui kebjikan - kebajikan yang mengakomodir wraga sekolah dan peningkatan kualitas pembelajaran yang berpihak pada murid.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun