Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9 mulai memasuki tahap akhir. Di Februari ini pembelajaran sudah masuk modul 3.1. Salah satu pembelajaran yang disajikan adalah dilema etika seorang pemimpin.
Berikut ini merupakan contoh hasil wawancara antara calon guru penggerak dengan kepala sekolah.
1. Selama ini, bagaimana Anda dapat mengidentifikasi kasus-kasus yang merupakan dilema etika atau bujukan moral?
Jawab:
Saya akan mengkomparasikan apakah di dalamnya ada yang benar, ada yang salah, benar semua, atau malah salah semua. Jika benar semua maka saya yakin itu adalah dilemma etika. Jika ada salah satu yang salah maka itu bisa jadi bujukan moral
Tapi sejauh ini kalau keduanya salah saya rasa malah tidak perlu diidentifikasi karena bukan termasuk dari keduanya.
2. Selama ini, bagaimana Anda menjalankan pengambilan keputusan di sekolah Anda, terutama untuk kasus-kasus di mana ada dua kepentingan yang sama-sama benar atau sama-sama mengandung nilai kebajikan?
Jawab:
Saya akan mempertimbangkan mana yang memiliki maslahat lebih banyak. Bukan karena siapa yang berkepentingan di dalamnya. Hal yang memiliki maslahat lebih banyak akan diutamakan.
Tentu saja ini tidak mutlak ya. Dalam beberapa kasus kadang kita juga perlu mempertimbangkan aspek dari yang memiliki masalah. Kadang meski terkesan ada yang merugikan tapi yang bersangkutan kami utamakan karena sisi kemanusiaan.