Mohon tunggu...
Agus Indrata
Agus Indrata Mohon Tunggu... wiraswasta -

Smart is when you believe only half of what you hear,Brilliant is when you know which half to believe\r\n\r\nhttp://autozigen.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Money

PKS Sangat Membantu Petani di Penebel,Tabanan Bali

13 Juni 2013   21:16 Diperbarui: 24 Juni 2015   12:04 228
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Mencermati situasi harga pupuk kimia yang makin mahal,alangkah menarik siasat para petani buah dan sayuran yang berada di Penebel,Tabanan Bali.Selain menyehatkan cara yang mereka pakai pun terhitung murah dan menguntungkan dalam jangka panjang.

Sebenarnya saya pernah dengar sebelumnya tentang cara petani mengakali lonjakan harga pupuk,tapi baru kemaren saya melihat langsung bagaimana mereka melakukannya,itu karena sahabat saya yang ngotot ngajakin saya menengok tanah kebun yang dia beli sebagai investasi,dia beli tanah kebun seluas kurang lebih 1 hektar itu sepuluh tahun lalu dengan harga yang masih bisa dia jangkau,dan sekarang harganya ternyata sudah Rp 450.000 per meter persegi!

Kembali pada tata cara bertani sehat yang saya sebutkan diatas,cara yang mereka pakai hanyalah sederhana,mereka cukup menggunakan pupuk alami hasil limbah ternak yang selama ini terbuang sia-sia,mereka menggunakan cara lama yaitu menggunakan Pupuk Kotoran Sapi dan Pupuk Kencing Sapi!

Dengan cara "old school" tersebut banyak sekali keuntungan yang mereka peroleh,dari hasil panen yang lebih baik,harga bahan pupuk yang murah, unsur hara tanah yang makin kaya dan yang mengejutkan,hasil pertanian mereka lebih bagus daripada menggunakan pupuk kimia,sebagai pembanding,Pak Kiki,nama teman saya tersebut,waktu saya pamit pulang,membekali saya banyak buah dan sayuran,dan dia menitip pesan,agar sesampai di dataran rendah nanti saya beli sayur yang sama pada petani yang memakai pupuk kimia,hasilnya:

sayuran yang saya dapat dari pak Kiki bisa bertahan seminggu tanpa busuk,dan sayuran yang saya beli di kebun bawah,hanya bertahan tiga hari lalu busuk!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun