Transformasi Budaya Jual Beli di Indonesia
 Oleh : Al Hibni Fadhil Hidayah
 Belanja dengan sistem online merupakan salah satu gaya hidup dan bermetmorfosa menjadi budaya populer yang dilakukan banyak orang di masyarakat Indonesia.Â
Sejak perkembangan internet meningkat, sebagian besar aktivitas dilakukan dengan lebih instan. Belanja pun lebih praktis. Konsumen tinggal pesan, transfer dan barang pun sampai di rumah.Â
Tidak jarang, harga barang di toko online lebih murah daripada toko offline, hal ini dikarenakan toko online tidak memerlukan biaya operasional yang besar. Budaya populer belanja online mendukung komersialisme dan mengagungkan konsumerise, diiringi dengan kelebihan keuntungan dan pasar, dan juga mengingkari tantangan intelektual. (Sazali, H. & Rozi, F.2020).
Mungkin semua orang tidak asing lagi dengan kegiatan belanja online. Karena dijaman saat ini, manusia dihadapkan dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat. Sehingga dalam kehidupan, melakukan kegiatan apapun itu dimudahkan. Salah satunya belanja online.Â
Orang-orang yang ingin melakukan belanja online tidak perlu lagi mengeluh dengan alasan jauh, kepanasan maupun kedinginan saat mencari barang yang mereka butuhkan di luar rumah.
Belanja online merupakan suatu kegiatan membeli atau mencari kebutuhan dan keinginan baik berupa barang, jasa maupun lainnya yang ada di dunia teknologi internet dengan pengaksesan yang lebih  mudah.Â
Kegiatan ini dirasa lebih efektif dan efisien, di mana koneksi internet yang tidak terbatas memudahkan siapa saja mencari apa yang mereka butuhkan hingga di luar kota maupun luar negeri.Â
Kegiatan ini cukup candu bagi yang sudah pernah melakukannya karena yang ditampilkan dalam pasar online tersebut terdapat banyak barang yang mungkin bisa menjadikan kita tertarik dengan apa yang dijual.
Penghematan waktu merupakan faktor yang paling berpengaruh dalam belanja online. Penjelajahan atau pencarian katalog online dapat menghemat waktu dan membutuhkan ketelatenan.Â