Mohon tunggu...
Van Dzuma
Van Dzuma Mohon Tunggu... -

BOKLAM 5W (BOcah Kelahiran LAMpung a5li jaWa)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sumber Belajar dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar

20 November 2014   16:33 Diperbarui: 17 Juni 2015   17:19 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Dunia pendidikan dewasa ini telah menunjukkan perkembangan yang pesat sekali, perubahan dan pembaruan bukan saja terjadi dalam bidzng kurikulum, metodologi pengajaran, bidang administrasi, organisasi maupun evaluasi, tetapi juga terjadi dalam bidang teknologi pendidikan.
Dr. Azyumardi Azra mengungkapkan bahwa pembaruan (“modernisasi”) dalam pendidikan dapat dilihat dari dua segi. Pada satu segi pendidikan dipandang sebagai suatu variabel modernisasi atau pembangunan, artinya tanpa pendidikan yang memadahi akan sulit bagi masyarakat untuk mencapai kemajuan.
Sedangkan pada segi yang lain, pendidikan juga sering dianggap sebagai obyek modernisasi atau pembangunan, maksudnya pendidikan di negara-negara yang tengah menjalankan program modernisasi pada umumnya dipandang masih terbelakang, sehingga sulit diharapkan bisa memenuhi dan mendukung program pembangunan, untuk itulah pendidikan harus diperbaharui atau dimodernisasi, sehingga dapat memenuhi harapan, fungsi serta tujuan yang dipikulkan kepadanya.
Bila ditinjau dari sudut pandang sosiologis dan antropologis fungsi utama pendidikan adalah untuk menumbuhkan kreatifitas peserta didik dan menenamkan nilai yang baik, karena itu tujuan akhir pendidikan adalah untuk mengembangkanpotensi kreatif peserta didik agar menjadi manusia yang baik menurut pandangan manusia dan Tuhan Yang Maha Esa.
Sedangkan menurut Ibn Sina, tujuan pendidikan harus diarahkan pada pengembangan seluruh potensi yang dimiliki sesorang kearah perkembangannya yang sempurrna, yaitu perkembangan fisik, itelektual, dan budi pekerti. Selain itu juga bertujuan untuk mempersiapkan seseorang dengan bakat, kesiapan, kecenderungn dan potensi yang dimilikinya.
Dengan demikian tujuan pendidikan tidak hanya rasional obyektif yang materalis saja, tetapi juga intelektualis religius yang didasarkan kepada nilai-nilai keagamaan dan kemanusiaan yang universal. Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut dibutuhkan materi yang baik, tujuan yang baik, strategi, pendekatan, metode, teknik belajar mengajar dan tentunya juga diperlukan sumber belajar yang memadai.
Halaman Terkait

Penggunaan Sumber Belajar Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun