Mohon tunggu...
Ainul Hidayah
Ainul Hidayah Mohon Tunggu... Lainnya - . .

Berbaris rapi lah bersama diksi, niscaya engkau abadi.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Cara Mengatasi "Writer's Block"

3 November 2020   19:31 Diperbarui: 3 November 2020   19:39 89
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit pengalaman saya tentang cara mengatasi "writer block".

________________________________________________________

Mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing dengan istilah ini ya . . .Dan setelah saya me-review dari beberapa laman mengenai apa itu sebenarnya arti dari writer block ?? dan bagaimana cara mengatasi "writer block" tersebut??? 

Saya bisa menarik kesimpulan bahwa intinya writer block itu sendiri bisa juga disebut kebuntuan dalam menulis yaitu keadaan dimana si penulis merasa kehilangan kemampuannya dalam menulis atau bisa juga disebut ketidak mampuan penulis itu sendiri dalam menemukan gagasan baru untuk tulisannya.  Saya disini berbicara bukan menyebut diri saya sebagai  penulis ya . .hanya saja saya membagikan pengalaman saya saat saya mengalami kebuntuan dalam ide penulisan.

Dalam sebuah forum pernah saya menanyakan kepada salah seorang sastrawan yang ada di daerah saya tentang cara mengembalikan mood menulis atau mengatasi writer block . 

Dan dari situlah ada beberapa kesimpulan yang bisa saya tarik dari jawaban beliau tersebut yakni sejatinya jika kita mengalami writer block itu kita belum bisa disebut sebagai penulis ,karena penulis selalu bisa membuat ide ide kreatif disetiap karya yang ia buat sendiri , penulis selalu bisa mengaplikasikan ide idenya lewat sastra .Istilahnya penulis itu sebagai pengatur ritme tulisannya sendiri.

Ada pula beberapa tips yang dulu saya lakukan agar bisa mengatasi writer block tersebut.

1). Membaca beberapa artikel atau karya sastra . Membaca karya lain bisa juga meningkat semangat kita untuk menghidupkan kembali mood menulis kita yang sempat redup ya. 

2). Mendengar kan berbagai musik atau musikalisasi puisi (bagi penulis  puisi) .Hanya dengan mendengar melodi lagu sederhana kita juga bisa membangkitkan gairah menulis kita bisa muncul lagi.

3) . Refresh Otak kalian .Jika suatu ketika kalian merasa buntu buat menulis cobalah sesekali keluar rumah . Taruhlah pena kalian dan cobalah untuk jalan jalan sebentar misalnya pergi ke pantai atau apapun itu untuk sekedar merefresh otak kalian ,setelah kalian merasa mood kalian sudah kembali normal kalian bisa melanjutkan kembali kegiatan menulis kita.

Semoga artikel sederhana tentang pengalaman saya dalam mengatasi writer block bisa membantu kalian dalam membangkitkan semangat kalian dalam menulis ya ..salam hangat dari saya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun