Suatu cara yang dilakukan oleh sebuah organisasi untuk meningkatkan produktifitas organisasi adalah dengan melakukan pelatihan dan pengembangan karyawan. Semua itu dilakukan sebuah organisasi agar karyawannya setelah melakukan pelatihan dan pengembangan tersebut, karyawannya semakin pinter dan mahir dalam tugasnya masing-masing. Dengan hal tersebut, organisasi berharap kinerja karyawan semakin bagus dan membuat produksi menjadi meningkat.
Namun sebelum sebuah organisasi melakukan sebuah pelatihan dan pengembangan karyawan, organiasi tersebut pastinya akan merancang pelatihan dan pengembangan. Adapun tahap-tahap dalam merancang pelatihan dan pengembangan karyawan tersebut adalah:
- Analisis tingkat organisasi / melihat perkembangan organisasi.
Sebelum melakukan pelatihan dan pengembangan karyawan, sebuah organisasi menganalisa organisasi itu sendiri untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh organisasi dan hal tersebut yang akan menjadi pelatihan dan pengembangan karyawan.
- Analisa Tugas
Hal ini dilakukan untuk mengetahui KSAO yang dibutuhkan untuk melakukan sebuah jabatan. Supaya tidak salah melakukan penempatan tugas setelah pelatihan dan pengembangan karyawan.
- Analisa Orang
Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah pekerja memenuhi hal-hal yang dibutuhkan suatu tugas. Dan analisa ini memberitahukan apa yang perlu dilatih untuk seorang karyawan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H