Mohon tunggu...
Akshanul Amala
Akshanul Amala Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

Mahasiswi Aktif

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sukacita Mahasiswa Baru UNISSULA

17 Mei 2021   11:01 Diperbarui: 17 Mei 2021   11:23 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Menjadi mahasiswa adalah pilihan untuk saya, sebagaimana saya yang setelah lulus dari bangku SMA yang kemudian diberikan pilihan oleh orang tua saya diantara bekerja, atau berkuliah. Menjadi siswa lulusan SMA yang tidak memiliki skill apapun juga sangat sulit untuk mencari pekerjaan. Maka menjadikan diri saya sebagai mahasiswa adalah pilihan yang saya ambil untuk menentukan masa depan.

Saya bukanlah siswa yang cukup pintar, sangat cukup dan pas pasan dalam hal apapun. Pada awalnya saya kekeh ingin berkuliah di Yogyakarta apapun yang terjadi. "Saya tidak ingin kuliah di Semarang" itulah yang saya pikirkan dan menjadi prinsip saya setelah lulus dari bangku SMA. Namun semuanya berubah ketika saya sudah mencoba ujian dan tes berkali kali untuk masuk ke kampus yang saya dambakan. Dari SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri sudah dilakukan agar saya bisa berkuliah di Yogyakarta. 

Setelah pengumuman Ujian Mandiri keluar dan gagal, saya diharuskan untuk membuat keputusan sebelum semua pendaftaran Mahasiswa Baru ditutup. Sedangkan keluarga tidak memperbolehkan saya berkuliah di Universitas Swasta Yogyakarta karena biayanya yang tidak memungkinkan. Kemudian dengan pilihan terakhir, saya memutuskan untuk berkuliah di Universitas Islam Sultan Agung Semarang dan mengambil jurusan Ilmu Komunikasi.

Kemudian pada akhirnya, saya sudah menjadi bagian dari UNISSULA. Pengalaman menjadi mahasiswa baru tentu menjadikan saya sebuah pengalaman baru, mengingat saya adalah seseorang yang tidak bisa jauh dari rumah, lalu diri saya untuk mencoba sesuatu yang baru dan mencoba memberanikan diri untuk jauh dari orangtua. Pekan Ta'aruf (atau yang biasa disebut OSPEK) di UNISSULA berbeda dengan kampus lain. OSPEK kampus ini sangat menarik dan menyenangkan. Kendatipun seperti itu, saya tetap saja belum bisa menikmati 'tinggal sendirian' dan jauh dari orangtua. Selama seminggu saya tidak bisa makan dan mudah lelah karena stress.

Namun pada akhirnya setelah sebulan lebih, saya mendapatkan kenyamanan yang di dapatkan dari UNISSULA. Dosen, teman, dan tempat sudah menjadi nyaman di diri saya. Berkuliah di jurusan Ilmu Komunikasi adalah pengalaman yang baru, pembelajarannya ringan dan mudah dipelajari karena Dosen sering mengajak diskusi dan ramah kepada mahasiswanya. Menjadi Mahasiswa yang saya rasa adalah membuat diri kita lebih dewasa dalam mengambil keputusan. Apalagi menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi, kita belajar bagaimana berkomunikasi dengan baik. Sebenarnya tidak hanya belajar bagaimana berkomunikasi dengan baik saja sih, ada banyak hal yang saya kira itu hal sepele tapi perlu dipelajari dengan baik agar pesan yang kita sampaikan menjadi lebih jelas dan memiliki arti lebih. UNISSULA adalah tempat yang baik untuk saya, dan saya berharap semua mahasiswa dan mahasiswi UNISSULA merasakan hal itu. Berani mencoba hal baru adalah hal yang menyenangkan, mencoba sesuatu yang kita pikir tidak berhasil adalah sesuatu yang menyenangkan juga. Lingkungan mahasiswa bukan lagi lingkungan sekolah, ada banyak sekali pengalaman dan pembelajaran tidak langsung yang kita dapatkan disana.

(Penulis: Akshanul Amala)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun