Mohon tunggu...
Aksara Sulastri
Aksara Sulastri Mohon Tunggu... Wiraswasta - Freelance Writer Cerpenis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Lewat aksara kutuliskan segenggam mimpi dalam doa untuk menggapai tangan-Mu, Tuhan. Aksarasulastri.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Cerpen: Andai Darsi Jadi TKI

14 Desember 2022   04:34 Diperbarui: 14 Desember 2022   04:44 289
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok. Pribadi diolah dari aplikasi dokumen Word


"Pak, gimana sih biar cepet banyak uang? Apa perlu Mama kerja di Singapure jadi pelayan hotel?" Tiba-tiba saja Darsi mengatakan itu pada suaminya. Selagi dia bermesraan.

"Jangan ngomong begitu, Ma! Mama pikir kerja di luar negeri itu gampang. Jangan mengorbankan kebahagiaan demi uang! Siapa yang akan merawat anak kita? Biar bapak yang kerja, Mama cukup di rumah. Anak kita masih butuh kasih sayang dari kamu, Ma! Kebersamaan kita ini, nantinya, Mama akan rindukan. Mama, akan menyesal nanti, kalau salah mengambil keputusan, karena waktu tidak bisa diulang kembali." Teguran dari sang Suami membuat Darsi terdiam.

Darsi memunggungi suaminya. Lalu, menyibak selimut berwarna ungu hadiah dari sahabatnya. 

Ia teringat pesan terakhir di dalam obrolan WhatsApp. Temannya bernama Hani yang bekerja di luar negeri. Sukses menjadi staf dapur di Hotel luar negeri. Menjadi tulang punggung keluarga. Hani mampu menguliahkan adiknya sampai S1. Sebelum, menjadi staf di sana, Hani sudah melewati banyak rintangan, dan banyak pekerjaan seperti menjadi asisten rumah tangga, baby sitter, dan perawat lansia. Terkadang mendapatkan perlakuan tidak baik dari majikannya. Tapi, lebih sering mendapatkan majikan yang baik pula. Hani pernah mendapatkan hinaan dari orang lain karena ia seorang janda. Jauh dari anak, kadang rindu menyiksa diri. 

Yang dikatakan suaminya itu benar. Kebahagiaan tidak bisa ditukar dengan uang.

Baca juga: Cerpen: Harapan

"Mama tahu, kemarin bapak menemui pelanggan Bapak. Seorang ibu yang pulang dari Malaysia, sengaja pulang, lalu, mengontrak rumah paling mewah untuk bisa tinggal bersama kedua anaknya. Namun, apa yang terjadi? Kedua anaknya karena ditinggal lama oleh ibunya. Setelah besar ketemu ibunya, bahkan tidak mengenalnya. Akhirnya, menolak tinggal bersama. Malah lebih memilih tinggal bersama neneknya. Ibu itu pun terpaksa menempati rumah kontrakan itu sendirian. Beliau jadi seperti orang linglung karena sering melamun. Bapak yakin dia sangat menyesal karena tak bisa membeli waktu yang sudah terbuang," ucap sang Suami. 

Memeluk erat tubuh Darsi dengan membelai pucuk kepalanya.

Darsi wanita yang kuat. Ia paham dengan keadaannya sekarang. Memaksa untuk lebih sabar menjalani hidup dengan pasangannya yang baru menginjak dua tahun pernikahan. Belum lama dibandingkan waktu bersama mereka sebelum menikah. Sudah sembilan tahun Darsi dan Amar menjalani hubungan percintaan selama pacaran. Masalah rumah tangga ternyata lebih rumit. Pikir Darsi.

Banyak yang Darsi pelajari selama ini. Dalam dunianya. Untuk menjadi wanita yang bernilai mahal. Ia mampu melakukan beberapa hal. Melayani dengan tulus suaminya, mendengarkan suaminya bicara tanpa menyela. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun