Mohon tunggu...
Akmal Darojat
Akmal Darojat Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Tingkat Akhir

Sebagai seorang Sarjana Pendidikan saya senang mengamati lingkungan dan fenomena yang ada, dengan pengalaman mengajar yang masih minim saya akan mecoba menuangkan opini dan ide yang saya dapatkan dalam bentuk tulisan, saya pun terbiasa menerima masukkan, silahkan komentar atau hubungi saya langsung di sosial media saya ya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Implementasi Trijati Diri Pasundan Serta Relevansinya dalam Dunia Pendidikan

17 Maret 2024   12:30 Diperbarui: 17 Maret 2024   12:35 212
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Trijati Diri Pasundan adalah konsep filosofis yang berasal dari tradisi Jawa Barat, khususnya masyarakat Sunda. Konsep ini menggambarkan tiga unsur penting dalam kehidupan manusia: pangalengan (keberanian), parigelan (kemandirian), dan pamucal (kebijaksanaan). Implementasi Trijati Diri Pasundan dalam dunia pendidikan memiliki relevansi yang signifikan.

Pertama, konsep pangalengan atau keberanian mengajarkan pentingnya menghadapi tantangan dan mengatasi rintangan dalam proses belajar. Siswa yang memahami nilai keberanian akan lebih berani untuk mengambil risiko dalam menjelajahi pengetahuan baru, mengembangkan keterampilan, dan mencoba hal-hal yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya. Dalam konteks pendidikan, hal ini menggambarkan pentingnya memotivasi siswa untuk berani mencoba, bertanya, dan bereksperimen dalam proses pembelajaran.

Kedua, konsep parigelan atau kemandirian mengajarkan siswa untuk menjadi mandiri dalam proses belajar. Ini mencakup kemampuan untuk mengatur waktu, mengembangkan metode belajar yang efektif, dan mengambil tanggung jawab atas hasil pembelajaran mereka. Dengan menerapkan konsep ini, pendidik dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemandirian mereka, baik melalui proyek mandiri, pembelajaran berbasis proyek, atau pengaturan lingkungan belajar yang mendukung kemandirian.

Ketiga, konsep pamucal atau kebijaksanaan mengajarkan pentingnya refleksi, evaluasi, dan pengambilan keputusan yang bijaksana dalam proses pembelajaran. Siswa perlu diajarkan untuk tidak hanya mengumpulkan informasi, tetapi juga untuk mengkritisi, menganalisis, dan mengambil kesimpulan yang relevan dari pengetahuan yang mereka peroleh. Dalam konteks pendidikan, penerapan konsep ini dapat dilakukan melalui pembelajaran reflektif, diskusi kelompok, atau proyek penelitian yang memungkinkan siswa untuk menerapkan kebijaksanaan mereka dalam memecahkan masalah.

Dalam ruang lingkup Trijati Diri Pasundan, guru, siswa, dan sekolah memiliki peran penting yang saling terkait dan saling mendukung.

Pertama, peran guru dalam Trijati Diri Pasundan dapat diinterpretasikan sebagai pembimbing yang memfasilitasi pengembangan pangalengan, parigelan, dan pamucal pada siswa. Sebagai pemandu, guru bertanggung jawab untuk memberikan arahan, memotivasi, dan memberikan inspirasi kepada siswa agar memiliki keberanian untuk mengejar pengetahuan baru, kemandirian untuk belajar secara mandiri, dan kebijaksanaan dalam pengambilan keputusan. Guru juga harus menjadi contoh yang baik dalam menerapkan nilai-nilai Trijati Diri Pasundan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga siswa dapat mengamati dan menirunya.

Kedua, peran siswa dalam konsep Trijati Diri Pasundan adalah menjadi subjek yang mengalami proses pembentukan karakter yang kuat sesuai dengan nilai-nilai tersebut. Siswa perlu memiliki keberanian untuk menghadapi tantangan belajar, mengembangkan kemandirian dalam mengeksplorasi pengetahuan, dan menggunakan kebijaksanaan dalam memahami serta mengevaluasi informasi yang mereka terima. Melalui pendidikan yang didasarkan pada Trijati Diri Pasundan, siswa diajak untuk menjadi individu yang berani, mandiri, dan bijaksana dalam menghadapi perubahan dan tantangan di masa depan.

Ketiga, peran sekolah sebagai lembaga pendidikan adalah menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan Trijati Diri Pasundan pada guru dan siswa. Sekolah perlu menyediakan program pembelajaran yang menekankan pengembangan nilai-nilai tersebut, serta menciptakan budaya yang mempromosikan keberanian, kemandirian, dan kebijaksanaan di antara anggota komunitas sekolah. Hal ini dapat dilakukan melalui penyusunan kurikulum yang relevan, pengaturan lingkungan belajar yang kondusif, serta pembinaan karakter secara sistematis.

Secara keseluruhan, dalam ruang lingkup Trijati Diri Pasundan, guru, siswa, dan sekolah saling berperan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang mempromosikan pengembangan karakter yang berani, mandiri, dan bijaksana. Dengan demikian, proses pendidikan dapat menjadi lebih bermakna dan relevan dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi kompleksitas dunia modern.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun