Mohon tunggu...
AKHMADI
AKHMADI Mohon Tunggu... Guru - Guru SMP Negeri 44 Jakarta

Guru Pendidikan Pancasila bertugas di SMPN 44 Jakarta, Ketua MGMP Wilayah 1 Kota Administrasi Jakarta Timur, Komite SMKN 1 Cikarang Barat, Konsultan Hukum, CGP Angkatan 10, bisnis, hobbi menulis tentang dunia pendidikan, politik, hukum, ekonomi, sosial dan budaya. beberapa tulisan tertuang dalam https://www.kompasiana.com/akhmadi23750, https://akhmadijpr.com/, https://akhmadiblog.blogspot.com/, https://www.facebook.com/akhmadijpr.akhmadijpr/

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

3.2.j. Koneksi Antar Materi- Modul 3.2

28 Agustus 2024   22:14 Diperbarui: 28 Agustus 2024   22:16 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesimpulan tentang "Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya"

Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya adalah seorang pemimpin, seperti kepala sekolah, guru, atau pemimpin komunitas pendidikan, yang memiliki tanggung jawab untuk mengelola, mengalokasikan, dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia dengan efektif dan efisien guna mendukung proses pembelajaran. Sumber daya ini dapat berupa sumber daya manusia (guru, staf, dan siswa), sumber daya finansial (dana operasional sekolah), dan sumber daya fisik (ruang kelas, buku, teknologi, dan fasilitas lainnya).

Pemimpin pembelajaran dalam pengelolaan sumber daya juga harus mampu membuat keputusan yang berdasarkan data dan informasi yang relevan serta memastikan bahwa semua sumber daya yang ada digunakan secara optimal untuk mencapai tujuan pembelajaran yang berkualitas dan inklusif bagi semua siswa.

Implementasi di Dalam Kelas, Sekolah, dan Masyarakat Sekitar Sekolah

1. Di Dalam Kelas:

   - Menggunakan teknologi dan sumber daya digital untuk memperkaya pembelajaran, seperti perangkat lunak edukatif, akses ke internet untuk riset, dan perangkat multimedia untuk presentasi.

   - Mengelola waktu belajar secara efektif dengan mengintegrasikan berbagai strategi pembelajaran yang memaksimalkan keterlibatan dan pemahaman siswa.

2. Di Sekolah:

   - Mengalokasikan sumber daya manusia secara strategis, seperti menempatkan guru dengan keahlian tertentu untuk menangani kelas atau mata pelajaran yang sesuai dengan keahliannya.

   - Mengelola anggaran sekolah dengan fokus pada pengadaan fasilitas belajar yang mendukung, seperti ruang perpustakaan yang nyaman, laboratorium yang lengkap, atau ruang kelas yang kondusif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun