Mohon tunggu...
AKHMADI
AKHMADI Mohon Tunggu... Guru - Guru SMP Negeri 44 Jakarta

Guru Pendidikan Pancasila bertugas di SMPN 44 Jakarta, Ketua MGMP Wilayah 1 Kota Administrasi Jakarta Timur, Komite SMKN 1 Cikarang Barat, Konsultan Hukum, CGP Angkatan 10, bisnis, hobbi menulis tentang dunia pendidikan, politik, hukum, ekonomi, sosial dan budaya. beberapa tulisan tertuang dalam https://www.kompasiana.com/akhmadi23750, https://akhmadijpr.com/, https://akhmadiblog.blogspot.com/, https://www.facebook.com/akhmadijpr.akhmadijpr/

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kesadaran Diri untuk Murid dalam hal Pembelajaran Sosial dan Emosional

27 Juni 2024   22:00 Diperbarui: 27 Juni 2024   22:08 2360
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesadaran diri adalah kemampuan untuk memahami dan mengenali emosi, kekuatan, kelemahan, nilai, dan motivasi diri sendiri. Implementasi kesadaran diri dalam pembelajaran sosial dan emosional (Social and Emotional Learning atau SEL) sangat penting untuk membantu murid berkembang secara emosional dan sosial. Berikut adalah beberapa contoh bentuk implementasi kesadaran diri untuk murid beserta sumbernya:

1. Jurnal Harian Emosi:

  • Murid diminta untuk menulis jurnal harian tentang perasaan mereka setiap hari. Mereka dapat menuliskan apa yang membuat mereka merasa senang, sedih, marah, atau cemas dan merenungkan penyebabnya. Ini membantu murid mengenali dan memahami emosi mereka sendiri.
  • Sumber: Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning (CASEL) - [CASEL Guide to Schoolwide SEL](https://casel.org/guide-to-schoolwide-sel/).

2. Latihan Refleksi Diri:

  • Setelah menyelesaikan tugas atau proyek, murid diminta untuk merefleksikan kinerja mereka. Mereka dapat menjawab pertanyaan seperti "Apa yang saya lakukan dengan baik?" dan "Apa yang bisa saya tingkatkan?" Ini mendorong murid untuk mengenali kekuatan dan kelemahan mereka sendiri.
  • Sumber: CASEL - [Self-Awareness Activities](https://casel.org/self-awareness/).

3. Diskusi Kelompok:

  • Mengadakan diskusi kelompok di mana murid berbagi pengalaman pribadi dan perasaan mereka tentang situasi tertentu. Ini membantu murid belajar untuk mengenali dan menghormati emosi orang lain, serta mengembangkan empati.
  • Sumber: Edutopia - [Social and Emotional Learning: Strategies for Parents](https://www.edutopia.org/social-emotional-learning-parent-resources).

4. Meditasi dan Mindfulness:

  • Mengajarkan teknik-teknik meditasi dan mindfulness untuk membantu murid menjadi lebih sadar akan pikiran dan perasaan mereka. Latihan ini dapat dilakukan selama beberapa menit setiap hari untuk meningkatkan kesadaran diri dan ketenangan.
  • Sumber: Mindful Schools - [Mindfulness in Education](https://www.mindfulschools.org/).

5. Peta Pikiran Diri:

  • Murid membuat peta pikiran (mind map) tentang diri mereka sendiri yang mencakup kekuatan, kelemahan, minat, dan nilai-nilai pribadi. Ini membantu murid mengenali diri mereka secara lebih komprehensif.
  • Sumber: CASEL - [Self-Management Activities](https://casel.org/self-management/).

6. Penetapan Tujuan Pribadi:

  • Membimbing murid dalam menetapkan tujuan pribadi dan refleksi tentang langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapainya. Ini membantu murid mengenali motivasi dan aspirasi mereka.
  • Sumber: CASEL - [Goal-Setting Activities](https://casel.org/goal-setting/).

7. Penggunaan Skala Emosi:

  • Menggunakan skala emosi (misalnya, dari 1 sampai 10) di mana murid dapat menilai perasaan mereka tentang berbagai situasi. Ini membantu mereka menjadi lebih akrab dengan berbagai tingkat emosi dan bagaimana mereka dapat mempengaruhi tindakan dan keputusan mereka.
  • Sumber: Edutopia - [Measuring SEL: Using Data to Inspire Practice](https://www.edutopia.org/article/measuring-sel-using-data-inspire-practice).

8. Buku Cerita Sosial dan Emosional:

  • Membaca buku cerita yang fokus pada isu-isu sosial dan emosional, kemudian mendiskusikan karakter dan perasaan mereka. Ini dapat membantu murid memahami bagaimana emosi bekerja dan bagaimana mengelola perasaan mereka sendiri.
  • Sumber: American Psychological Association (APA) - [SEL Resources](https://www.apa.org/education/k12/sel).

Implementasi ini dapat membantu murid mengembangkan kesadaran diri yang lebih baik, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam berinteraksi dengan orang lain dan menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun