Mohon tunggu...
AKHMADI
AKHMADI Mohon Tunggu... Guru - Guru SMP Negeri 44 Jakarta

Guru Pendidikan Pancasila bertugas di SMPN 44 Jakarta, Ketua MGMP Wilayah 1 Kota Administrasi Jakarta Timur, Komite SMKN 1 Cikarang Barat, Konsultan Hukum, CGP Angkatan 10, bisnis, hobbi menulis tentang dunia pendidikan, politik, hukum, ekonomi, sosial dan budaya. beberapa tulisan tertuang dalam https://www.kompasiana.com/akhmadi23750, https://akhmadijpr.com/, https://akhmadiblog.blogspot.com/, https://www.facebook.com/akhmadijpr.akhmadijpr/

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Proyek Penguatan Profile Pelajar Pancasila (P5) Ke-1 di SMP Negeri 44 Jakarta

11 September 2023   16:13 Diperbarui: 12 September 2023   12:49 514
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Senin, 4 September 2023 hingga 15 September 2023 jadwal Proyek Penguatan Profile Pelajar Pancasila (P5). Kegiatan ini bagian dari Kurikulum Merdeka, selain pengetahuan peserta didik juga melaksanakan Proyek Penguatan Profile Pelajar Pancasila (P5). Ketentuan umum dalam 1(satu) tahun minimal peserta didik mengerjakan 3 (tiga) Proyek. Pada tahun ini mengambil tema" Kearifan Lokal dan Bhinneka Tunggal Ika" semester ganjil ini SMP Negeri 44 Jakarta melaksanakan 2 (dua) proyek dan semester Genap 1 (satu) proyek.

Setiap proyek pelaksanaannya diagendakan 10 (sepuluh) hari, proyek pertama dari tanggal 4-15 September 2023.

  • Kegiatan identifikasi 

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia salah satunya yaitu penentu atau penetapan identitas seseorang, benda, dan sebagainya. Dengan identifikasi terhadap sumber materi yang ada diidentifikasi secara lengkap. Identifikasi pada Tari Tradisional mempelajari tentang Definisi, Ciri-Ciri, Keunikan, dan Fungsinya.

Tari adalah jenis seni pertunjukkan terdiri dari gerakan-gerakan yang selaras dengan musik pengiringnya. Tari yang lahir tumbuh berkembang dalam suatu masyarakat yang kemudian diturunkan atau diwariskan secara terus-menerus dari generasi ke generasi merupakan definisi dari tari tradisional.  Tari tradisional adalah tarian yang merupakan perwujudan budaya di suatu daerah. Dilansir dari Authentic Indonesia, Indonesia memiliki lebih dari 300 jenis tarian tradisional yang berasal dari wilayah berbeda.

Ciri-ciri tari tradisonal dapat dilihat sebagai berikut:

  • Menggunakan musik tradisional khas daerah
  • Menggunakan pakaian khas daerah
  • Menggunakan perlengkapan tari
  • Diajarkan secara turun-temurun
  • Berhubungan erat dengan budaya daerah
  • Pola gerakan yang khas dan pakem
  • Mengandung filosofi atau makna khas daerah
  • Memiliki aturan khusus dalam penyelenggaraannya

Tari tradisional tidak hanya berfungsi sebagai hiburan serta sarana komunikasi, melainkan sebagai upacara ritual adat, penobatan, kematian, dan acara penting lainnya. Keunikan tari tradisional melingkupi gerakan, musik iringan, busana, serta riasan yang berbeda dan mencerminkan budaya di setiap daerahnya. Contoh keunikah tari tradisional Indonesia:

Tari Bali memiliki keunikan pada gerakan mata yang disebut dengan seledet. Sembari menarikan tarian Bali, penari akan melakukan seledet dengan melirik ke kanan dan ke kiri dengan mata terbuka lebar, tidak berkedip, dan disertai gerakan alis yang mengangkat. Tari Saman asal Aceh memiliki keunikan pada gerakannya. Tari Saman dilakukan secara berkelompok dan ditarikan dalam gerakan yang sangat harmonis. Gerakan penari saman sangatlah kompak, serempak, serta penuh makna, sehingga tarian Saman sangat terkenal hingga ke manca negara.

  • Kegiatan Eksplorasi dan ideasi

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia eksplorasi penjelajahan lapangan dengan tujuan memperoleh pengetahuan lebih banyak (tentang keadaan), terutama sumber-sumber alam yang terdapat di tempat itu; penyelidikan; penjajakan. Dalam kegiatan ini peserta didik diberikan waktu untuk mengeksplor berbagai sumber agar memiliki pengetahuan yang cukup untuk mencari ide ide yang akan dikerjakan dalam bentuk proyek yang bertemakan kearifan lokal.

  • Kegiatan Aksi

Kegiatan aksi merupakan kegiatan yang berupa Tindakan/action terhadap tema yang telah didapat. Untuk menari peserta didik sudah mempraktikkan Gerakan tarian yang dipilihnya. Gerakan dasar ataupun ditambah dengan kreasi masing-masing peserta. Peserta didik konsentrasi penuh terhadap Gerakan tari ini, sehingga menjiwai makna dan filosofis tari yang dipraktikkan.

Perlengkapan yang digunakanpun memiliki makna dan arti, sehingga peserta didik tetap mempraktikkan atribut yang digunakan dalam tarian. Gerakan yang serasi, kompak, senada dan seirama akan menimbulkan kesan yang baik.

  • Kegiatan Selebrasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun