MODUL 3.2
 3.2.a.JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN
PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA
AKHMAD FADHOLI
SD NEGERI KEDUNGBOKOR 01
Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh
Salam dan Bahagia Bapak Ibu Guru Hebat dimana pun Anda berada. Perkenalkan saya Akhmad Fadholi Calon Guru Penggerak Angkatan 7 dari  SDN Kedungbokor 01 Kec. Larangan Kabupaten Brebes  Provinsi Jawa Tengah. Pada kesempatan ini saya akan menulis hasil refleksi saya selah saya menjalani modul 3.2 tentang apa yang sudah saya lakukan pada pendidikan Guru penggerak di materi Modul 3.2 yaitu Pemimpin Dalam Pengelola Sumber Daya
Jurnal Dwi mingguan ini saya tulis untuk menggambarkan refleksi saya setelah mempelajari Modul 3.2 dan merupakan tugas setelah berakhirnya modul yang dipelajari sebagai seorang Calon Guru Penggerak. Saya akan menuliskan semua pengalaman dan kesan saya dan semua yang saya rasakan selama mempelajari modul 3.2 ini dalam artikel ini dengan model refleksi 4P/4F yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu:
PERISTIWA/FACT
      
Dalam mempelajari modul 3.2 ini ada beberapa peristiwa penting atau kegiatan yang harus dilalui. Mulai dari kegiatan Mulai Dari Diri yang harus dilaksanakan secara mandiri sampai pada kegiatan aksi nyata yang harus dilaksanakan Bersama rekan sejawat  kepala sekolah. Komite , wali murid dan murid Berikut saya paparkan satu persatu kegiatannya.
Kegiatan Mulai Dari Diri
Dalam kegiatan ini CGP diminta menjawab beberapa pertanyaan yang bertujuan untuk mengaktifkan ulang pengetahuan awal CGP tentang ekosistem sekolah dan peran Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Adapun pertanyaan mengenai Ekosistem yang ada di sekolah, Apa saja Sumber daya yang dimiliki dan dapat dimanfaatkan, Merefleksikan sosok pemimpin yang ideal, dan diakhiri dengan harapan dari CGP setelah mempelajari modul ini. Awalnya CGP merasa bahwa Sumber Daya yang ada di sekitar sebatas benda hidup (biotik), Namun ssetelah mempelajari modul ini banyak sumber daya yang belum di eksplorasi dengan masksimal. Dan untuk kedepannya berharap mampu mengelola sumber daya dengan baik, maksimal dan bermanfaat untuk semua pihak.
Kegiatan Eksplorasi Konsep
Dalam kegiatan Eksplorasi Konsep CGP aktif dalam menyampaikan pemikirannya setelah melaksanakan pembelajaran daring. Materi dalam Modul 3.2 terkait Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Dalam kegiatan eksplorasi konsep, Mandiri ini memiliki tujuan khusus yaitu 1. CGP dapat mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah. 2. CGP dapat membedakan pendekatan berbasis aset dan pendekatan berbasis masalah. 3. CGP memahami pengelolaan sumber daya yang ada di sekolahnya dengan menggunakan pendekatan Pengembangan Komunitas berbasis Aset (AssetBased Community Development/ABCD). 4. CGP dapat membedakan tujuh aset utama yang dimiliki lingkungan sekolahnya. Selanjutnya dalam forum diskusi Asinkronus disajikan 2 kasus, CGP diminta menjawab setiap pertanyaan dari kedua kasus tersebut dengan aturan cara menjawab diawali dengan "Jawaban kasus nomor 1 dan 2".