Mohon tunggu...
Akhmad Fadholi
Akhmad Fadholi Mohon Tunggu... Guru - SDN Kedungbokor 01 Kec. Larangan Kab. Brebes

Olah Raga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Dwi Mingguan Modul 3.1

2 Mei 2023   22:28 Diperbarui: 2 Mei 2023   22:30 204
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

JURNAL DWI MINGGUAN MODUL 3.1

Sebuah Jurnal Dwi Mingguan  pada Modul 3.1 Pendidikan Guru Penggerak tentang  bagaimana

Belajar Menguji dan Membuat Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan sebagai Pemimpin

Akhmad Fadholi

CGP Kelas 147 Angkatan 7 Kab. Brebes 

Jurnal ini adalah jurnal akhir sebelum libur hari raya idulfitri 1444 H tiba. Jurnal ini banyak memberikan pembelajaran baru bagi saya. Terutama dalam mengajarkan diri menjadi pemimpin pembelajaran yang bijaksana dan berpusat pada kebutuhan murid, sesuai dengan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD).

Dalam mempelajari modul ini, kami Calon Guru Penggerak (CGP) konsisten menggunakan alur MERDEKA dalam pembelajarnnya. Alur ini terdiri dari: 1) Mulai dari Diri; 2) Eksplorasi Konsep; 3) Ruang Kolaborasi; 4) Demonstrasi Kontekstual; 5) Elaborasi Pemahaman; 6) Koneksi Antar Materi; dan 7) Aksi Nyata.

Pada jurnal ini, saya menggunakan model refleksi yang dikembangkan oleh Ash dan Clayton (2009) dan diberi nama Description, Examination, and Articulation of Learning atau disingkat DEAL. Dalam model ini, Description memiliki refleksi pengalaman dengan menceritakannya dengan unsur 5WIH (what, when, where, why, who and how). Sedangkan bagian Examination memiliki arti sebagai analisis pengalaman dengan membandingkannya terhadap tujuan/ rencana yang telah dibuat sebelumnya. Pada bagian Articulation of Learning, fase ini menjelaskan hal-hal yang dipelajari dan rancangan untuk perbaikan di masa mendatang.

Pada kesempatan ini saya menuliskan deskripsi model refleksi yang saya tuliskan pada jurnal kali ini., ikuti perjalanan saya dalam menjalani modul 3.1 tentang Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin ini. Salam Guru Penggerak!

DESCRIPTION

Modul 3.1 ini bercerita tentang Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin. Secara khusus, modul 3.1 diharapkan dapat membantu CGP untuk mampu: 1) Menjelaskan tentang konsep sekolah sebagai institusi pembentukan karakter dan nilai-nilai kebajikan sebagai acuan utama dalam pengambilan keputusan berbasis etika sebagai seorang pemimpin pembelajaran; 2) Melakukan praktik pengambilan keputusan berbasis nilai-nilai kebajikan sebagai seorang pemimpin; 3) CGP dapat mengidentifikasi jenis-jenis paradigma dilema etika yang dihadapi oleh dirinya sendiri maupun orang lain, termasuk di dalamnya menunjukkan sikap reflektif, kritis, kreatif, dan terbuka dalam menganalisis dilema tersebut, serta dapat memilih 3 prinsip yang dapat dilakukan untuk membuat keputusan dalam dilema etika; 4) CGP dapat menerapkan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan yang diambil dalam dilema etika dengan bersikap reflektif, kritis, dan kreatif dalam proses tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun