Sebagai perantau dari Kebumen yang kuliah di Jogja, perjalanan bolak-balik Kebumen-Jogja sudah seperti ritual wajib yang tidak bisa dihindari. Setidaknya sebulan sekali atau asal ada libur, saya melintasi jalanan yang membentang dari barat ke timur, melewati ring road, jalanan mulus, jalanan kurang mulus, hingga melintasi Kulon Progo. Nah, kalau sudah sampai Kulon Progo, ada satu hal yang selalu bikin saya culture shock, yaitu tidak ada Alfamart atau Indomaret!
Iya, coba saja perhatikan. Saat daerah lain penuh plang biru-merah atau hijau-merah yang menjamur di setiap samping kanan kiri jalan, Kulon Progo punya sistem yang beda banget.
Di sana, mini marketnya bernama Tomira, singkatan dari Toko Milik Rakyat. Awalnya saya pikir ini proyek unik ala pemerintah daerah yang benar-benar memberdayakan UMKM lokal. Tapi, setelah saya usut-usut (rasan-rasan), ternyata ceritanya nggak seindah itu.
Apa Itu Tomira?
Tomira adalah hasil dari kebijakan Bupati Kulon Progo kala itu, Dr. Hasto Wardoyo. Tujuannya mulia, melindungi pelaku UKM lokal dari persaingan berat dengan toko modern berjejaring seperti Alfamart dan Indomaret. Supaya toko kelontong masyarakat tetap hidup, setiap mini market yang jaraknya kurang dari 100-500 meter dari pasar tradisional (koreksi kalau salah) diwajibkan bertransformasi menjadi Tomira.
Tomira ini ibarat "Alfamart rasa rakyat." Di luar, plangnya jelas beda, tanpa logo perusahaan besar yang mencolok. Di dalamnya, barang-barang UMKM lokal ikut dijual, melengkapi produk-produk standar toko modern. Sistem manajemennya? Kerja sama dengan Koperasi Unit Desa setempat. Ide ini terdengar idealis, bahkan visioner, setidaknya di atas kertas.
Realitas di Lapangan
Nah, pas saya mampir ke Tomira untuk beli minuman dingin karena haus setelah perjalanan jauh, saya jadi tahu realitanya. Meski disebut Toko Milik Rakyat, mayoritas barang yang dijual tetap saja produk-produk mainstream dari perusahaan besar. Produk UMKM lokal? Ada, tapi sekadar pemanis etalase.
Tomira pun tak luput dari kritik. Banyak masyarakat Kulon Progo yang menganggap konsep ini hanya "akal-akalan branding." Dengan alasan melindungi UKM, sebenarnya keberadaan Tomira malah dianggap mematikan toko kelontong kecil. Warung-warung tradisional sulit bersaing karena toh Tomira tetap menawarkan kenyamanan toko modern, seperti AC dingin, rak barang yang tertata rapi, dan akses parkir luas. Kalau sudah begini, siapa yang mau repot-repot ke warung kecil di pojok kampung?