Mohon tunggu...
Akhmad Muqofin
Akhmad Muqofin Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Suka dengan hal baru

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengaruh Media Kantong Bilangan terhadap Kemampuan Berhitung

15 Desember 2022   14:38 Diperbarui: 15 Desember 2022   14:41 797
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam pengajaran matematika di sekolah, masalah yang sering dihadapi guru adalah bagaimana cara membuat materi belajar menjadi lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Salah satu solusi yang dapat ditawarkan adalah dengan menggunakan media pembelajaran seperti kantong bilangan. Media ini dapat membantu siswa memahami konsep penjumlahan dengan cara yang visual dan mudah dipahami.

Namun, masalah yang muncul adalah bagaimana cara mengoptimalkan penggunaan media kantong bilangan agar dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam menjumlahkan. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami melakukan studi terhadap beberapa kelompok siswa yang menggunakan media kantong bilangan dalam pembelajaran penjumlahan. Hasil studi menunjukkan bahwa kelompok siswa yang menggunakan media kantong bilangan memiliki kemampuan menjumlahkan yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang tidak menggunakan media ini.

Selain itu, hasil studi juga menunjukkan bahwa penggunaan media kantong bilangan dapat membantu siswa memahami konsep penjumlahan dengan cara yang lebih cepat dan efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang dilakukan pada kelompok siswa yang menggunakan media kantong bilangan, dimana mereka mampu menyelesaikan soal-soal penjumlahan dengan lebih cepat dan tepat dibandingkan dengan kelompok siswa yang tidak menggunakan media ini.

Berdasarkan hasil studi tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kantong bilangan dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam menjumlahkan. Media ini dapat membantu siswa memahami konsep penjumlahan dengan cara yang lebih cepat dan efektif, sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menjumlahkan bilangan. Namun, perlu dilakukan studi lebih lanjut untuk mengetahui secara pasti bagaimana cara mengoptimalkan penggunaan media kantong bilangan agar dapat memberikan dampak yang lebih besar terhadap kemampuan siswa dalam menjumlahkan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun