Mohon tunggu...
LAPAS KENDAL
LAPAS KENDAL Mohon Tunggu... Lainnya - Kemenkumham

berusaha untuk menjalani hidup sebaik mungkin

Selanjutnya

Tutup

Joglosemar

Pelatihan Excellent Service for Front Office bagi Petugas Lapas Kendal

5 Maret 2024   11:33 Diperbarui: 5 Maret 2024   11:33 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pelatihan Excellent Service for Front Office Bagi Petugas Lapas Kendal

Kendal -- Untuk meningkatkan pelayanan publik, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kendal menggelar Pelatihan Excellent Sevice For Front Office ini diikuti oleh petugas garda terdepan dalam pelayanan publik Lapas Kendal, Selasa (5/3). Dalam kegiatan ini, Lapas Kendal menggandeng Bank Rakyat Indonesia Tbk Cabang Kendal.

Saat ini, pelayanan prima merupakan standar pelayanan yang berlaku pada institusi pemerintah atau swasta sebagai kewajiban institusi tersebut sebagai mitra masyarakat. Untuk itu, institusi pemerintah atau swasta harus memiliki standar pelayanan sesuai tugas dan fungsinya agar tingkat keprimaan pelayanan dapat diukur karena kepuasan publik merupakan salah satu ukuran berkualitas atau tidaknya pelayanan tersebut.

Kepala Lapas Kendal, Prayitno, menjelaskan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi jajarannya. "Kami harap peserta pelatihan dapat mengimplementasikan pelaksanaan tugas pokok, fungsi, dan peran Aparatur Sipil Negara dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat secara profesional, modern, dan terpercaya," harapnya.

Apalagi, lanjut Prayitno, Lapas Kendal sedang berproses dalam membangun Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK). "Ini adalah proses, salah satu rangkaian komponen untuk membangun ZI berpredikat WBK, yaitu peningkatan dan perbaikan pelayanan sektor publik yang merupakan kebutuhan yang mendesak," tambahnya.

Tidak hanya materi tentang public speaking dan layanan publik yang diberikan, tapi juga praktik langsung yang diajarkan oleh para narasumber pada kegiatan ini. Dengan suasana santai, para pegawai begitu pro aktif melakukan tanya jawab dan maju ke depan untuk memberi contoh bagaimana public speaking yang baik dan belajar memecahkan masalah pada berbagai tipe kasus di layanan publik dengan tetap mengedapankan komunikasi visual, gerakan dan bahasa yang baik.

Narasumber pelatihan yang merupakan Service Quality Health Bank BRI cabang Kendal, Naimah, memberikan materi sekaligus melatih peserta untuk bisa berbicara di depan publik. Materi yang dilatihkan antara lain the power public speaking, visual, voice, dan verbal.

Peserta juga dikenalkan tema standar pelayanan publik dan berdasarkan tema tersebut mereka terbiasa berbicara dengan banyak orang, memberikan pelayanan dengan hati kepada masyarakat, serta mampu memberikan service excellent.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Joglosemar Selengkapnya
Lihat Joglosemar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun