Mohon tunggu...
AKADUSYIFA
AKADUSYIFA Mohon Tunggu... Wiraswasta - akadusyifa

Selamat membaca semoga bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Retail Indonesia

4 Januari 2015   12:28 Diperbarui: 17 Juni 2015   13:51 242
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
14204274581582493781

[caption id="attachment_388628" align="aligncenter" width="460" caption="oleh : akadusyifa"][/caption]

Matahari Departmen Store
Ketika jalan-jalan di tempat perbelanjaan Matahari saya melihat-lihat pakaian yang dipajang disitu dan pada saat itu juga ada SPG yang meng hampiri untuk mempromosikan atau menanyakan sesuatu kalau cara seperti itu saya rasa kurang efektif justru dengan cara seperti itu konsumen justru akan terganggu sehingga konsumen tidak jadi membeli, sebaiknya SPG tetap ditempat tanpa menghampiri konsumen tapi tetap mengawasi saja dan itu terjadi bukan hanya diMatahari Departmen satu saja tapi di semua cabang Matahari Departmen Store yang lain juga menerapkan manajemen yang seperti itu.

Rominsy Kartasura Solo
Sewaktu saya membeli sebuah celana di Rominsi saya harus bilang di SPG terdekat untuk meminta nota kemudian baru membayar dan mengambil barang dikasir. Jadi saya hanya menerima nota sementara,dengan cara seperti ini kemungkinan konsumen bisa saja tidak jadi membeli walaupun sudah dikasih nota untuk pengambilan barang dan pembayaran.Mungkin si konsumen hanya gengsi saja pada SPG atau waktu kondisi sedang ramai sedangkan stok pakaian terbatas jadi konsumen harus mengamankan pakaian tersebut dengan cara meminta nota ke SPG dan pastinya barang harus dikasih kekasir untuk di bayar, lha padahal konsumen masih ingin lihat-lihat pakaian yang lain kalau dia melihat pakaian yang lain yang lebih bagus tentu konsumen tadi tidak jadi membayar yang pakaian pertama karena ada yang lebih bagus.
Sebaiknya bila ada konsumen yang akan membeli sesuatu sebaiknya barang yang akan dibeli tadi dikasih plastik kemudian konsumen suruh membawanya untuk dibaya kekasir.dengan cara seperti itu barang tersebut pasti akan dibeli.

Toko Buku GRAMEDIA
Setiap sekitar 6 bulan sekali biasanya TB GRAMEDIA mengadakan pameran atau pesta diskon pada buku-buku yang sudah tidak laku biasanya hanya sekitar 2 mingguan ,sebaiknya GRAMEDIA menyediakan tempat khusus untuk memamerkan buku-buku yang sudah tidak laku tersebut jadi tidak usah menunggu 6 bulan sekali agar konsumen bisa membeli sewaktu-waktu tanpa harus menunggu ada pameran.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun