Mohon tunggu...
Sanny Sheilla Novia
Sanny Sheilla Novia Mohon Tunggu... Akuntan - Mahasiswa

Accounting

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Implementasi SDGs 4 dan 8: Departemen Akuntansi FEB UM Menyelenggarakan Workshop Penulisan Karya Ilmiah untuk Meningkatkan Keterampilan 4C Mahasiswa

24 September 2024   09:40 Diperbarui: 24 September 2024   09:46 141
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tingkat kompetisi yang semakin tinggi untuk mendapatkan pekerjaan serta naiknya tingkat pengangguran merupakan sinyal bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri dengan keterampilan yang relevan untuk memasuki pasar kerja. Salah satu cara yang dianggap efektif adalah kemampuan untuk meningkatkan keterampilan kritis, kreatif, komunikasi, dan kolaborasi (4C) dalam penulisan karya ilmiah. Keterampilan 4C yang merupakan bagian dari 21st century skills, menjadi semakin penting dalam dunia kerja modern yang terus berkembang. Dengan menulis karya ilmiah, mahasiswa diharapkan dapat melatih kemampuan kritis untuk menganalisis informasi, kreatif dalam menyusun argumen yang meyakinkan, kemampuan komunikasi untuk menyampaikan ide dengan jelas, serta keterampilan kolaborasi untuk bekerja sama dalam tim. Dengan demikian, penulisan karya ilmiah bukan hanya sekadar tugas akademis, tetapi juga merupakan sarana efektif untuk mengembangkan kemampuan hardskill dan softskill yang dibutuhkan di dunia kerja.

Tim pengabdian Masyarakat Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang (FEB UM) ingin mendorong semangat mahasiswa untuk terampil dalam menulis melalui workshop penulisan karya ilmiah. Sebagian besar mahasiswa masih belum memahami cara menulis karya ilmiah dengan benar, yang mengakibatkan kesulitan dalam menyampaikan ide dan penemuan mereka secara efektif. Oleh karena itu, perlu adanya suatu media yang membantu mahasiswa dalam memahami dan menguasai teknik penulisan karya ilmiah. Salah satunya adalah melalui workshop ini, yang dirancang untuk memberikan pengetahuan praktis dan bimbingan langsung mengenai proses penulisan yang baik dan benar.

Pelaksanaan Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk Meningkatkan Keterampilan 4C Mahasiswa dilaksanakan sebanyak lima kali pertemuan secara online melalui Zoom Meeting. Pertemuan dilaksanakan secara bertahap yang diikuti oleh 94 mahasiswa seluruh Indonesia, yang dilaksanakan pada tanggal 2, 8, 22 Juni, 6 Juli, dan berakhir pada tanggal 17 Agustus 2024. Kegiatan pengabdian ini diketuai oleh Ani Wilujeng Suryani, S.E., M.AcctgFin, Ph.D, dengan anggota yang terdiri dariIka Putri Larasati, S.E., M.Com, Prastiawan Harliansyah, Novrico Putra Faurehzi, Sanny Sheilla Novia, dan Diana Maulia Sabrina.

Materi workshop yang disampaikan meliputi "Mencari Literatur Berkualitas dan Penggunaan Mendeley" serta "Menghindari Plagiasi dan Ide Karya Tulis serta Pendahuluan". Materi juga berhubungan dengan bagaimana cara menulis karya ilmiah secara benar di bagian: 1) Kajian Pustaka dan Metode Penelitian; 2) Hasil Pembahasan; 3) Kesimpulan;  4) Daftar Pustaka; 5) Tips Presentasi KTI. Workshop tidak terbatas pada penyampaian materi saja. Namun, pada pelaksanaanya terdapat sesi tanya jawab dan sesi kuis. Dengan adanya dua sesi tersebu,t suasana workshop menjadi lebih menarik dan interaktif. Selain itu, terdapat penugasan pada pertemuan satu hingga pertemuan tiga. Penugasan diberikan untuk melatih kemampuan peserta dalam menerapkan pengetahuan yang telah mereka dapatkan selama sesi workshop serta memberikan kesempatan untuk di ulas langsung oleh reviewer berpengalaman. Di akhir pertemuan juga diadakan review tugas bersama oleh tim pengabdian. Review ini merupakan kegiatan membahas kesalahan-kesalahan yang sering terjadi pada penugasan yang dikerjakan para peserta. 

Gambar 2. Penyampaian Materi Mencari Literatur Berkualitas /dok. pri
Gambar 2. Penyampaian Materi Mencari Literatur Berkualitas /dok. pri

Pelaksanaan kegiatan workshop pertemuan pertama diisi penyampaian materi dan sesi tanya jawab yang disampaikan oleh Ani Wilujeng Wilujeng Suryani, S.E., M.AcctgFin., Ph.D. Materi yang disampaikan adalah "Mencari Literatur Berkualitas". Penjelasan ditekankan pada pentingnya mengambil referensi dari sumber berkualitas karena kualitas dan relevansi referensi secara akan mempengaruhi kredibilitas penelitian secara signifikan. Kemudian materi kedua disampaikan oleh Nabila Septiani, S.E. dimana materi yang disampaikan adalah "Penggunaan Mendeley". Di pertemuan ini, peserta mendapatkan pengetahuan dan pengalaman pengoperasian penggunaan Mendeley.  

Pertemuan kedua pada tanggal 22 Juni 2024 disampaikan oleh dua pemateri, yaitu Ika Putri Larasati, S.E., MCom. dan Yongky Teguh Setiaji, S.Pd. dengan materi "Menghindari Plagiasi" dan "Mencari Ide Karya Tulis dan Pendahuluan". Dalam tema penghindaran plagiasi, peserta diberikan pengetahuan terkait  jenis-jenis plagiasi dan cara menghindari plagiasi. Materi kedua terkait cara mencari ide karya tulis dan menulis pendahuluan. Di sesi ini, peserta diberikan pengetahuan terkait: a) sumber inspirasi ide; b) merumuskan ide; c) membuat judul yang menarik; d) penulisan pendahuluan yang menarik dan relevan dengan tujuan penelitian. 

Selanjutnya, pertemuan ketiga dilaksanakan pada 22 Juni 2024 dengan materi "Kajian Pustaka" dan "Metode Penelitian" yang disampaikan oleh Endah Nur Amalina, S.Pd. dan Nuriah Muyassaroh, S.Pd. Kemudian, pertemuan keempat tanggal 6 Juli 2024 dengan materi "Hasil Pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka" yang disampaikan oleh Anindyah Lutfiani, S.E. Pertemuan terakhir di tanggal 17 Agustus 2024 dengan materi "Tips Presentasi KTI" yang disampaikan oleh Yongky Teguh Setiaji S.Pd. Materi ini berhubungan dengan seputar tips cara presentasi hasil karya tulis ilmiah yang menarik dan informatif. Dalam materi ini, ditekankan pentingnya memiliki struktur presentasi yang jelas, mulai dari pengantar, pengembangan materi, hingga kesimpulan yang padat. Selain itu, penggunaan visual yang menarik, seperti slide dan teks yang tidak berlebihan pada media presentasi, menjadi kunci untuk memperkuat pesan yang disampaikan. Presenter juga harus interaktif dalam sesi tanya jawab serta memiliki kepercayaan diri dan penggunaan bahasa tubuh yang tepat. Di tanggal yang sama, materi juga berhubungan dengan Review Tugas Akhir bersama dari penugasan-penugasan peserta yang telah dikerjakan. Sesi ini membahas kesalahan yang dilakukan serta tips untuk menghindari atau memperbaiki kesalahan tersebut. 

Pelaksanaan workshop penulisan karya ilmiah ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta tentang teknik penulisan yang baik serta keterampilan 4C yang meliputi keterampilan komunikasi, kolaborasi, kreativitas, dan berpikir kritis.  Keterampilan ini sangat penting untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja saat ini, di mana kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas, bekerja dalam tim, dan menghasilkan solusi inovatif menjadi kunci keberhasilan. Dengan berpikir kritis, peserta akan mampu menganalisis informasi dan mengambil keputusan yang tepat. Dengan demikian, workshop ini tidak hanya memperkaya keterampilan individu, tetapi juga mempersiapkan mereka untuk bersaing dan berkontribusi secara positif dalam dunia profesional yang terus berkembang.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun