Beberapa hari sebelum hari H misi The Red Bull Stratos ini, saya sempat skeptis, karena adanya label merek dagang tunggal yang sangat menonjol di pakaian khusus yang dikenakan oleh Felix Baumgartner, pemeran utama misi ini.
Saya sempat menyangka bahwa misi yang dilaksanakan pada hari Minggu, 14 Oktober 2012 yang lalu, hanyalah misi yang bersifat fun dan untuk kepentingan promosi bisnis semata, hanya sekedar misi "rekor-rekoran".
Namun ternyata saya salah.
Setelah satu hari misi ini diselesaikan, pemberitaan nasional dan internasional mengenai suksesnya misi ini membuat saya penasaran dan mencari tahu sebenarnya apa tujuan utama misi ini.
"Misi Red Bull Stratos adalah untuk mencari penemuan-penemuan kedirgantaraan tingkat lanjut yang bermanfaat bagi kemanusiaan."
[Red Bull Stratos]
Kontribusi sains dari kesuksesan misi ini adalah diperolehnya data-data mengenai:
- Teknologi keamanan dan kenyamanan pakaian luar angkasa (termasuk helem), misalnya dalam aspek gerak dan penglihatan.
- Dampak ketinggian, tingkat akselerasi dan deselerasi terhadap tubuh manusia.
- Sistem parasut.
- Sistem transportasi udara wahana balon dan kapsul.
- Analisis prediksi cuaca.
- Sistem dokumentasi audio visual dan komunikasi.
Data-data tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan akselerasi kemajuan dan perkembangan sains, khususnya dalam sistem teknologi, fungsional dan keamanan kedirgantaraan.
Well Dear Readers...
Misi ini ternyata memiliki tujuan yang secara umum sangat bermanfaat bagi kemanusiaan.
Terima kasih kita ucapkan kepada kedelapan anggota inti tim, beserta seluruh orang-orang yang berperan dalam misi ini, dan tentu saja kepada Red Bull yang berperan sebagai sponsor utama.
Informasi yang lebih mendetail mengenai misi ini bisa diakses di http://www.redbullstratos.com
Salam Hangat Sahabat Kompasianers
[-Rahmad Agus Koto, S.Si-]
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H