Pembelajaran di masa pandemik COVID -19 merupakan tantangan tersendiri terutama bagi guru. Guru dituntut untuk tetap memberikan pembelajaran yang dapat bermakna bagi siswa. Selain bermakna, tentulah kita juga harus memikirkan bagaimana pembelajaran itu dapat menyenangkan bagi siswa. Hal ini perlu dilakukan karena siswa sudah bosan untuk terus belajar di rumah. Apalagi ditambah dengan penugasan dari sekolah yang cukup banyak.Â
Beberapa siswa banyak yang mengeluh tugas yang dibebankan oleh guru kepada mereka malahan menjadi lebih banyak dibandingkan saat sebelum pandemik covid. Hal ini kemungkinan diakibatkan karena guru mengejar ketercapaian kompetensi saja.
Tentu saja siswa akan merasa bosan, apalagi jika guru hanya memberikan materi saja dalam bentuk tampilan slide presentasi materi tanpa adanya pembelajaran tatap maya sehingga siswa akan mengalami kesulitan untuk bertanya tentang tugas secara langsung kepada guru.Â
Salah tugas yang sering diberikan oleh guru di masa pandemik ini ialah memberikan projek kepada siswa. Untuk pelajaran IPA pembelajaran berbasis projek ini merupakan salah satu model pembelajaran yang cukup baik dalam mengaplikasikan keterampilan abad 21 yakni kolaborasi, kreativitas, komunikasi dan berfikir kritis.Â
Pembelajaran berbasis projek sebenarnya dapat dilakukan oleh siswa di rumah. Namun terkadang guru perlu menyesuaikan ketersediaan lata dan bahan yang dapat dipersiapkan di rumah oleh siswa.Â
Tentunya jika alat dan bahan yang dipersiapkan saja sudah sulit untuk didapatkan atau dicari, tidak hanya siswa saja yang akan mengalami kesulitan, orang tua siswa pun akan kesulitan sehingga mengakibatkan siswa menjadi tidak semangat menyelesaikan projek.Â
Hal tersebut perlu diantisipasi oleh guru dengan memberikan tugas projek dengan persiapan yang matang. Misalkan dalam projek materi kalor terdapat sub topik perpindahan panas.
Tugas projek yang diberikan dapat berupa kegiatan membuat kompor tenaga surya yang dapat memanfaatkan panas dari sinar matahari sebagai panas untuk memasak makanan. Tentunya alat dan bahan yang dibut perlu dipertimbangkan agar mudah disediakan oleh siswa dan orang tua mereka di rumah.Â
Model kompor tenaga surya yang dibuat dapat berupa kompor pemanggang / pemanas makanan yang berasal dari kardus bekas. Pembuatannya pun cukup mudah dan dapat dilakukan di rumah. Berikut ini adalah proses pembuatan kompor tenaga surya tersebut.
Peralatan dan bahan yang perlu disediakan antara lain:
1. Kardus bekas (direkomendasikan dari kardus makanan pizza)