Mohon tunggu...
Ajinatha
Ajinatha Mohon Tunggu... Freelancer - Professional

Nothing

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Menulis Mendokumentasikan Ide

6 Juli 2019   09:37 Diperbarui: 6 Juli 2019   10:34 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tanpa terasa sudah 9 tahun saya berkompasiana, ya benar bulan Juli 2010 saya mulai bergabung dengan Kompasiana. Sudah terdokumentasikan sekitar 3.000 tulisan dengan berbagai jenis dan tema.

img-20190706-094558-5d200bdc097f3654d13b6222.png
img-20190706-094558-5d200bdc097f3654d13b6222.png
Begitu banyak ide dan pemikiran yang terdokumentasikan, dalam rentang waktu 9 tahun tersebut. Sebelumnya saya cuma bisa memposting tulisan di Note Facebook, tapi begitu kenal dengan Kompasiana, rutinitas saya dalam menulis semakin menggebu.

Dalam Platform blog keroyokan ini semangat menulis semakin terpacu, karena dengan melihat berbagai jenis tulisan yang diposting K'ners memotivasi produktivitas menulis. Dalam satu hari saya bisa posting tulisan minimal 2 tulisan, dan maksimal 4 tulisan.

Dalam rentang waktu 9 tahun tersebut, ada sekitar 2-3 tahun saya tidak aktif, jadi efektifnya betul-betul menulis itu hanya sekitar 6 tahun. Betapa waktu yang demikian berharga, bukan terbuang sia-sia, karena begitu pruduktif menghasilkan tulisan.

Saya sempat ingin membukukan tulisan-tulisan yang sudah terdokumentasikan secara rapi di Kompasiana, sudah sampai tahap akhir ingin naik cetak, namun saya tidak dapat izin dari anak dan isteri saya, karena buku-buku tersebut menyangkut hal-hal yang berbau politik.

Tapi bagi saya tidak masalah kalau tulisan-tulisan tersebut tidak sampai dibukukan, yang jelas tulisan tersebut sudah di dokumentasikan secara baik di Kompasiana, kapan waktu pun saya ingin membaca ulang tulisan tersebut dengan mudah saya bisa membacanya kembali.

Makanya saya lebih suka bilang kalau menulis itu mendokumentasikan ide, karena tanpa kita sadari dengan setiap hari menulis, kita sudah mendokumentasikan ide dan pemikiran, juga membagikannya.

Soal berapa besar manfaatnya tulisan tersebut, biarlah pembaca yang menilainya. Menulis juga adalah cara membagikan berbagai manfaat bagi orang lain. Ketika pembaca menerima manfaat dari apa yang kita tuliskan, itu sudah sangat membahagiakan.

Mungkin banyak juga K'Ners yang tulisannya dibagikan diberbagai media, sehingga tingkat keterbacaannya pun semakin banyak, semakin banyak yang membaca, maka semakin banyak pula tebaran manfaat yang terbagikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun