salam sejahtera salam sehat selaluÂ
Salam sukses selalu bapak ibu guru yang saat ini sedang melakasanakan PPPG dalam jabata. kali ini penulis ingin memberikan pengalaman dalam melaksanakan dan mengerjakan rangkaian tugas selama mengikuti perkuliahan PPG DALJAB unutuk memenuhi LMS SMI-PKB bapak ibu guru sekalian.
Tugas yang berada pada LMS merupakan serangkatn tugas yang saling berkaitan antara satu dengan yang lain sehingga tugas bapk ibu guru sampai ada yang tertinggal dan tidak mengerjakan tugas sesuai dengan perintah pada LMS. jika sekali saja ada tugas yang terlewatkan makan maka tidak dapat mengerjakan tugas selanjutnya.
Kali ini penulis akan memberikan sedikit penjelasan tentang mengerjakan tugas LK 3,1 tentang penyususnan best practice dengan menggunakan metode star terkait pengalaman mengatasi peramasalahan siswa dalam pembelajaran yang saya angkat adalah motivasi belajar siswa yang masih cenderung rendah. pada LK 3.1 data apa saja yang terdapat pada LK 3.1 yang perlu dan harus di isi silahkan kalian perhatikan penjelasannya dibawah ini:
- Pilihlah salah satu pembelajaran inovatif yang Anda lakukan selama PPL PPG Daljab yang menurut Anda paling berhasil dalam aspek peningkatan proses dan hasil belajar siswa/i.
- Deskripsikan pembelajaran tersebut dalam bentuk esai dengan salah satu rujukan menggunakan kerangka STAR (situasi-tantangan-aksi-refleksi) yang sesuai dengan kondisi riil di kelas. Sertakan argumentasi Anda bahwa pembelajaran yang dipilih merupakan best practice.
- Format penulisan esai menggunakan font Times New Roman ukuran 12 dengan spasi 1.
- Struktur penulisan esai terdiri dari:
Judul
Pendahuluan (berisi analisis situasi)
Pembahasan (berisi tentang implikasi dari situasi yang dianalisis di pendahuluan yang meliputi tantangan, tindakan yang dilakukan dan refleksi)
Kesimpulan ( berisi tentang rencana tindak lanjut
Daftar Pustaka
Situasi yang berisikan untuk Mendeskripsikan: (1) hal hal yang benar benar terjadi selama proses pembelajaran( misalnya tentang keaktifan siswa dalam belajar, capaian kompetensi oleh siswa, kegiatan yang dilakukan guru, kendala, penghambat dan pendukung),(2) membandingkan dengan apa yang direncanakan dalam RPP, (3) menyimpulkan apa yang telah berhasil dan dengan yang belum berhasil.
Tantangan yang berisikan apa saja yang menjadi tantangan yang dihadapi ruru dalam situasi yang telah dianalisis
Aksi yang berisikan langkah - langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tandangan terserbut, strategi apa yang digunakan, bagaimana prosesnya, apa saja sumber daya/materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi tersebut
Refleksi yang berikan hasil dari refleksi bagaimana dampak dari aksi terhadap langkah-langkah yang dilakukan, apakah hasilnya efektif/tidak, mengapa dan bagaimana respon siswa terkait strategi yang dilakukan, apa yang menjadi faktor keberhasilan/ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan.
link download semoga bermanfaat dan membantu terimakasih