Mohon tunggu...
AJENG PUTRI PRADIKA
AJENG PUTRI PRADIKA Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - MAHASISWI

SAYA MAHASISWI BERUMUR 18 TAHUN, BERKULIAH DI UNIVERSITAS AIRLANGGA, PROGRAM STUDI TEKNOLOGI RADIOLOGI PENCITRAAN

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Giveaway yang Cukup Upvote

18 April 2023   21:15 Diperbarui: 18 April 2023   21:22 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Giveaway adalah strategi yang dilakukan untuk berbagai alasan dan kepentingan agar mendapat eksposure atau program yang dilakukan oleh suatu Produk 'Merk' untuk menawarkan hadiah kepada audiens. Syarat pada umumnya adalah meminta audiens melakukan beberapa hal seperti follow akun instagram, Like akun Instagram, serta Membagikan konten instagram.

Pemburu giveaway rata rata anak sekolah dan mereka yang tidak ada kerjaan. Ya dari pada mengharap kepada hal yang memiliki perbandingan skala besar lebih baik gunakan waktu kalian untuk cari penghasilan di internet selain mudah juga banyak peluangnya.

Studi menunjukkan bahwa upaya semacam ini ternyata membuahkan hasil, akun Instagram yang rutin  melakukan giveaway mengalami peningkatan followers sebanyak 70%, memancing komentar followers sebanyak 64 kali serta mendorong 3,.5 kali jumlah like yang lebih banyak. Ajakan menandai teman di kolom komentar juga dapat membuat jangkauan brand menjadi lebih luas.

Bahkan pengguna Instagram yang tadinya tidak mengenal merek mu, bisa berpotensi mencari tahu tentang brand tersebut, bahkan turut berpartisipasi dalam event giveaway yang diselenggarakan. Benefit lain dari upaya ini di antaranya:

1.Menumbuhkan loyalitas audiens saat konten yang mereka buat menang dan disematkan dalam postingan merek.
2.Mendorong audiens untuk mengenal produk lewat hadiah yang diberikan dan bila produk tersebut menarik memungkinkan mereka untuk membelinya.

Salah satu kekurangan dari giveaway adalah mendapatkan follower palsu di media sosial. Sebenarnya sih ini mudah dan gak ada masalahnya. Namun kita bisa melihat perbandingan apabila ponsel yang dibagikan ada 10 dan pesertanya ada 1000 orang misal perbandingan menang cuma 1:100. Kebayang tuh kalau ada 100.000 orang. hmmm mampus kecuali tingkat keberuntungan anda tinggi dan anda tahu itu.

Pemilik produk biasanya menggunakan kreativitas yang unik untuk mendapatkan perhatian dari konsumen atau Followers instagram. Selain itu, juga menggunakan kemampuan analistik untuk dapat mencapai strategi keberhasilan yang akan diterapkan untuk promosi.

Nah, buat kalian para pengguna instagram harus jauh lebih selektif. Di dunia ini tidak ada yang namanya serba instan. Jangan sampai kalian tergiur oleh kalimat persuasif yang ada di Giveaway produk. Jangan membuang buang waktu dan biaya ongkir. Kalian pengguna instagran harus cerdas dalam menghadapi era Giveaway yang secara tidak langsung akan berdampak negatif jika kita tertipu karena tidak membaca terlebih dahulu review atau ulasan produk tersebut.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun