Universitas Negeri Malang kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui inovasi pengembangan media pembelajaran. Proyek terbaru ini berhasil menciptakan modul pembelajaran daring (MOOC) berbasis Project Based Learning (PBL), yang dirancang khusus untuk mata kuliah Perancangan User Experience (UX). Modul ini disusun untuk mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika, dengan tujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan aplikatif.
Pengembangan MOOC ini menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Setiap tahap dikerjakan dengan teliti untuk memastikan bahwa hasil akhirnya adalah media pembelajaran yang efektif. Modul ini bertujuan meningkatkan minat dan pemahaman mahasiswa terhadap konsep UX, user interface, dan design thinking.
Selain materi teori, MOOC ini juga dilengkapi dengan elemen interaktif seperti animasi, video, dan tugas praktis. Elemen-elemen ini dirancang untuk mengasah keterampilan mahasiswa dalam merancang pengalaman pengguna yang optimal. Untuk memastikan keefektifan pembelajaran, modul ini juga menyediakan evaluasi berkelanjutan melalui pre-test, post-test, dan kuis online.
Hasil pengujian modul ini menunjukkan hasil yang sangat positif. Validasi ahli media menilai modul ini sangat layak dengan persentase kelayakan mencapai 87,82%. Selain itu, pengujian terhadap pengguna menunjukkan peningkatan minat belajar mahasiswa hingga 86,30%, membuktikan bahwa tujuan pengembangan modul ini telah tercapai dengan baik.
Dengan inovasi ini, Universitas Negeri Malang berharap proses pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menghasilkan lulusan yang siap bersaing di dunia industri, khususnya dalam bidang UX research and design.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H