Mohon tunggu...
Ajeng Bunga
Ajeng Bunga Mohon Tunggu... Guru - Selingan untuk berbagi ilmu

Ibu satu anak yang memiliki passion di dunia Pendidikan dan Sains yang suka jalan jalan dan kuliner

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kisah Narasi "Gambaran Diri sebagai Guru Penggerak di Masa Depan"- Tugas 1.2.H Demonstrasi Kontekstual Modul 1.2

11 Juli 2024   14:37 Diperbarui: 11 Juli 2024   17:54 128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendidikan calon guru penggerak sejauh ini membuat saya mempelajari banyak hal, terutama dalam mendalami beberapa karakteristik dan nilai-nilai yang ada pada guru penggerak. Jika saya telah lulus dari program guru penggerak, kelak gambaran diri saya kurang lebih seperti berikut:

  • Saya menjalankan peran guru penggerak secara maksimal hingga terwujud peserta didik yang memiliki profil pelajar pancasila.
  • Saya memiliki dedikasi yang tinggi dalam mewujudkan peserta didik yang mandiri, bernalar kritis,kreatif serta berkualitas dengan menerapkan pendidikan yang berpihak terhadap murid.
  • Saya guru penggerak yang siap bergerak dan menggerakkan rekan-rekan guru dalam berkolaborasi untuk lebih maju dalam pembelajaran hingga menjadi seorang yang profesional dalam pembelajaran.
  • Saya guru penggerak yang akan selalu menjadi model baik bagi peserta didik dalam proses mengembangkan karakternya.
  • Saya guru penggerak yang akan senantiasa menjadikan pendidikan lebih berkualitas, agar setiap anak mencapai kodratnya hingga siap menjadi manusia yang sesungguhnya dan masyarakat.
  • Saya guru penggerak dengan dedikasi yang tinggi menjadikan peserta didik seorang yang sukses dengan pilihan masa depannya tentunya dengan profil pelajar pancasila.

Sebagai seorang guru penggerak, saya selalu mementingkan kebutuhan peserta didik di atas segalanya. Saya akan memaksimalkan diri saya untuk selalu menjadi fasilitator memberikan bimbingan untuk memfasilitasi kebutuhannya untuk mengembangkan potensi, minat dan bakatnya. Saya juga berkomitmen untuk membantu murid mengembangkan keterampilan sosial, kemampuan berpikir kritis, dan kerjasama tim. Dengan memberikan murid otonomi dan tanggung jawab dalam pembelajaran, mereka akan merasa lebih terlibat dan memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar sebagai bentuk bahwa nilai keberpihakan pada murid sudah melekat pada diri saya. Selain it, sebagai guru penggerak, saya juga berkomitmen untuk mampu memotivasi diri saya sendiri untuk melakukan aksi serta mengambil tanggung jawab atas segalanya hal yang terjadi pada dirinya. Motivasi yang datang dari sendiri ini untuk melakukan perubahan dan memulai sesuatu terkait dengan perubahan yang diinginkan. Nilai mandiri ini sangat berguna untuk membangun self awareness untuk selalu menjaga kinerja kita sebagai seorang guru. 

Sebagai guru penggerak saya juga berkomitmen untuk selalu mampu merefleksikan dan memaknai segala pengalaman dan peristiwa yang terjadi di sekelilingnya. Dalam menjalankan tugas, saya akan memiliki banyak pengalaman positif dan negatif. Pengalaman tersebut perlu dievaluasi untuk melakukan perbaikan di kemudian hari. Sebagai guru penggerak saya juga berkomitmen untuk mampu membangun hubungan yang positif dengan pemangku kepentingan yang ada di lingkungan sekolah maupun luar sekolah. Adapun tujuan dari kolaborasi ini adalah mencapai kepentingan bersama dalam pendidikan, karena memang sikap kolaboratif ini begitu penting. Sebagai guru penggerak saya juga berkomitmen untuk memiliki sikap inovatif  dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Oleh karena itu, Guru Penggerak diharapkan menerapkan nilai ini saat menangani situasi atau masalah-masalah yang dihadapi di sekolah.

Kurang lebih demikian gambaran diri saya ketika nanti telah lulus dari Pendidikan Calon Guru Penggerak. Semoga kita selalu istiqomah dalam mengemban amanah menjadi guru yang selalu menganut nilai-nilai yang diajarkan sebagai guru penggerak. Salam guru penggerak.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun