Mohon tunggu...
Aisyah Yogi
Aisyah Yogi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Senang menulis dan bernyanyi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tantangan dan Peluang Lulusan SMK di Era Digital

21 Desember 2023   16:00 Diperbarui: 21 Desember 2023   16:03 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ditulis oleh Aisyah Kharisma Yogi bersama M. Rohmadi

Selamat sore para pembaca, saya Aisyah disini saya akan membahas mengenai tantangan dan peluang lulusan SMK di era digital. Ada yang tau apa saja tantangan dan peluang tersebut?

Perubahan yang terjadi akibat era Industri 4.0 telah menciptakan dinamika baru yang perlu dihadapi oleh sektor pendidikan, terutama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). SMK, yang secara khusus dirancang untuk mempersiapkan lulusan menghadapi dunia kerja, menghadapi tantangan dan peluang yang signifikan di tengah pergeseran menuju era digital.

Tantangan utama yang dihadapi SMK dalam era Industri 4.0 adalah perubahan cepat dalam tuntutan pasar kerja. Keterampilan tradisional yang diajarkan di SMK mungkin tidak lagi mencukupi mengingat peran teknologi digital yang semakin dominan dalam berbagai sektor industri. Oleh karena itu, SMK perlu menyesuaikan kurikulum mereka agar mencakup keterampilan digital, pemrograman, dan literasi teknologi yang diperlukan oleh dunia kerja modern.

Namun, di tengah tantangan ini, era Industri 4.0 juga membawa peluang besar bagi SMK. Seiring dengan kemajuan teknologi, SMK memiliki akses yang lebih besar terhadap sumber daya pembelajaran daring, pelatihan digital, dan proyek kolaboratif. Hal ini memungkinkan SMK untuk menyajikan materi pelajaran secara lebih interaktif dan relevan dengan kebutuhan industri saat ini.

Lebih jauh lagi, SMK dapat memanfaatkan era digital untuk memberikan pengalaman praktis kepada siswa. Adanya teknologi digital memungkinkan simulasi industri yang lebih realistis, mempersiapkan siswa dengan pengalaman nyata sebelum mereka memasuki dunia kerja. Ini memberikan keunggulan kompetitif kepada lulusan SMK, karena mereka telah terbiasa dengan lingkungan kerja yang menggunakan teknologi canggih. Salah satu potensi besar yang muncul bagi lulusan SMK adalah peluang untuk terlibat dalam dunia kewirausahaan digital. Era Industri 4.0 memberikan akses yang lebih mudah ke pasar global melalui internet, memungkinkan lulusan SMK untuk menciptakan startup atau berkontribusi pada inovasi bisnis yang berbasis teknologi.

Dengan demikian, sambil menghadapi tantangan penyesuaian dengan cepat terhadap perkembangan teknologi, SMK juga dapat memaksimalkan peluang yang ada. Dengan menyelaraskan kurikulum, memanfaatkan teknologi pembelajaran digital, dan mendorong kewirausahaan di antara siswa, SMK dapat menjadi pemain kunci dalam mendukung transisi ke era Industri 4.0 dan menghasilkan lulusan yang siap bersaing di panggung global.

Sekolah SMK kerap menghadapi beberapa hambatan, dan salah satunya adalah rendahnya minat dari siswa. Beberapa siswa mungkin kurang antusias terhadap pendidikan kejuruan karena persepsi negatif terhadap bidang kejuruan atau kecenderungan untuk lebih memprioritaskan pendidikan umum. Dampaknya bisa berupa penurunan jumlah pendaftar dan kesulitan dalam menarik siswa yang berkualitas untuk mengikuti program kejuruan.

Di samping itu, terkadang SMK dianggap sebagai opsi sekunder atau kurang bergengsi jika dibandingkan dengan pendidikan umum atau tinggi. Perspektif negatif ini dapat berdampak pada pandangan siswa, orang tua, dan masyarakat secara keseluruhan terhadap relevansi pendidikan kejuruan, membuat promosi dan pengembangan program kejuruan menjadi lebih sulit.
Kedua, ketersediaan sarana dan prasarana menjadi perhatian penting. Program SMK Pusat Keunggulan mengharuskan adanya fasilitas dan peralatan yang memadai untuk mendukung pembelajaran praktis. Namun, tidak semua sekolah kejuruan mampu mengakses anggaran yang memadai untuk memperoleh atau menjaga peralatan modern dan fasilitas yang dibutuhkan. Situasi ini dapat membatasi kapabilitas sekolah dalam menyediakan pelatihan yang sesuai dan terkini.

Ketiga, diperlukan peningkatan kualifikasi dan kompetensi guru. Ketersediaan pendidik dengan kualifikasi dan keahlian yang sesuai di bidang kejuruan tertentu dapat menjadi hambatan. Keberadaan pengajar yang berpengalaman dan terampil dalam industri terkait dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada siswa serta informasi terkini mengenai perkembangan terbaru di lapangan.

Keempat, kurangnya keterkaitan SMK dengan dunia industri. Kerjasama yang efektif antara sekolah kejuruan dan sektor industri memiliki signifikansi yang besar. Meskipun demikian, menjalin hubungan yang erat dengan dunia industri dan memastikan bahwa kurikulum kejuruan tetap sesuai dengan kebutuhan industri dapat menjadi suatu kesulitan. Perubahan yang cepat dalam teknologi dan arus tren industri menuntut agar sekolah kejuruan senantiasa memperbarui kurikulum dan mengadopsi metode pembelajaran yang relevan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun