Mohon tunggu...
Aisyah Wulandari
Aisyah Wulandari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Marketing Communication student at Sultan Agung Islamic University

A person who is adaptable, has a wide range of interests, and enjoys learning new things. Enjoys studying and observing various cultures through films, dramas, and TV shows. With a keen interest in social, political, economic, educational, and psychological issue, and more.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menempa Imajinasi: dari Pikiran Kreatif ke Karya Nyata Melalui Ilmu Komunikasi Unissula

30 Juni 2024   18:49 Diperbarui: 30 Juni 2024   19:12 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Ide-ide kreatif yang tersimpan dalam pikiran kita terasa akan sia-sia jika tidak dituangkan menjadi sesuatu yang nyata. Ada banyak cara menuangkan kreativitas kita dalam berbagai bidang. Kreativitas yang dimiliki dapat diwujudkan dalam proses pembuatan atau produksi iklan, marketing, film, ataupun content creator.

Kreativitas memiliki peran utama dalam produksi iklan. Menciptakan konsep yang menarik, penceritaan yang kuat, visual yang memikat, serta pesan yang efektif menjadi kunci keberhasilan suatu iklan. Kreativitas marketing seperti merancang kampanye yang inovatif, membuat konten media social, desain promosi yang unik. Di dunia perfilman, kreativitas dianggap sebagi napas kehidupan. Mulai dari penulisan naskah, penyuntingan, sinematografi hingga editing, produksi film memerlukan ide-ide yang segar dan inovatif. Film yang kreatif menyajikan cara bercerita yang unik dan berkesan, menggugah emosi penonton, dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Dan cara paling modern menuangkan kreativitas ialah menjadi seorang content creator. Membuat konten di platform seperti youtube, instagram, dan tiktok membutuhkan pemahaman tren terbaru, kemampuan inovasi, dan public speaking yang baik.

Kuliah di jurusan ilmu komunikasi (ilkom) sangat cocok bagi mereka yang memiliki kreativitas tinggi. Stereotip anak ilkom yang kreatif, jago public speaking, inovatif, dan selalu mengikuti tren terbaru mencerminkan kenyataan bahwa ilmu komunikasi membuka banyak peluang untuk menyalurkan kreativitas menjadi bentuk nyata. Mahasiswa ilkom belajar mengembangkan ide-ide kreatif mereka melalui barbagai proyek, misalnya pembuatan konten media, strategi komunikasi, hingga penelitian social. Mereka juga dilatih untuk berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun tertulis, yang merupakan keterampilan paling penting dalam berbagai profesi.

Di Ilkom Unissula, ada berbagai pilihan konsentrasi yang bisa membantu mahasiswa menyalurkan kreativitas mereka. Terdapat konsentrasi marketing communication, broadcasting journalism, dan yang terbaru mereka baru saja membuka konsentrasi content and media creative. Dibimbing dosen-dosen berpengalaman di bidangnya, fasilitas yang memadai, serta adanya komunitas untuk menyalurkan kreativitas seperti fikomedia, peacock, dan lainnya menjadikan ilkom Unissula sebagai pilihan yang tepat untuk kalian anak muda yang memiliki jiwa kreativitas tinggi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun