Malang - Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang menggelar pelatihan pasar digital (e-market) atau pemasaran produk Desa Gajahrejo untuk membantu penjualan produk yang ada di Desa Gajahrejo. Kegiatan pelatihan tersebut berlangsung secara daring pada Minggu (18/07/2021). Sasaran dari kegiatan tersebut ialah perangkat desa bagian BUMDes, yaitu Mbak Ninuk sebagai koordinator desa untuk mempelajari cara dan tips untuk memulai bisnis usaha melalui pasar digital.
Kegiatan pelatihan pasar digital tersebut merupakan salah satu program kerja yang diadakan oleh kelompok mahasiswa KKN UM yang mengabdi di Desa Gajahrejo. Tujuan dari diadakannya program kerja pelatihan pasar digital tersebut ialah untuk mengedukasi masyarakat Desa Gajahrejo mengenai bagaimana mengoperasikan pasar digital guna mewujudkan bisnis usaha produk khas Desa Gajahrejo yang akan dipasarkan kepada masyarakat luas, karena selama ini produk yang dipasarkan hanya sebatas pada masyarakat desa itu sendiri.
"Memang secara kebetulan saya sedang ingin sekali mempelajari pemasaran produk melalui pasar digital. Karena Desa Gajahrejo sendiri memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah sehingga dapat menghasilkan produk unggulan dan khas dengan Desa Gajahrejo sendiri untuk dapat dijual kepada masyarakat luas. Sehingga pemasarannya tidak hanya dari kalangan masyarakat desa sini saja, melainkan masyarakat luar desa juga bisa dijangkau," ujar Ninuk salah seorang koordinator BUMDes Gajahrejo.
Harapannya melalui program kerja pelatihan pemasaran melalui pasar digital ini pengolahan produk khas Desa Gajahrejo bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, pelatihan ini juga diharapkan menjadi penambah wawasan dan kebermanfaatan bagi masyarakat di Desa Gajahrejo mengenai pasar digital.
Pelatihan pemasaran produk Desa Gajahrejo melalui pasar digital ini meliputi cara dan tips memulai bisnis usaha melalui media sosial Instagram dan Facebook, membuat e-commerce Shopee serta membuat katalog online dan website jualan melalui WIX. Program kerja tersebut memfokuskan bagaimana menciptakan konten penjualan yang menarik dan pemasaran melalui iklan yang disediakan fitur akun Instagram, Facebook dan Shopee.
Pelatihan tersebut menghadiri dua pemateri, yakni Arya Akmal dan Tania Christina yang merupakan anggota kelompok mahasiswa KKN UM Desa Gajahrejo serta didampingi oleh teman-teman KKN UM Desa Gajahrejo lainnya yang turut membantu menyukseskan kegiatan pelatihan daring tersebut.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H