Mohon tunggu...
Aisyah Ibrahim
Aisyah Ibrahim Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Perbankan Syariah

Nama saya Aisyah Ibrahim, saya memiliki nama panggilan yang banyak tetapi tetap saja nama panggilan tersebut pasaran. Jadi, cukup panggil saya Aisyah saja. Saya dilahirkan di Jakarta Selatan pada tahun 2003. Sekarang saya sudah berkuliah di UIN Jakarta pada jurusan Perbankan Syariah. Minat saya dari dahulu memang seputar ekonomi. Sejak kecil saya sangat senang bermain menjadi staff kasir dan bermain monopoli tetapi sebagai banknya. Walaupun sebenarnya pada mulanya cita cita saya adalah menjadi pilot. Akan tetapi, ketika saya bermain di suatu tempat bermain yang dimana saya dapat menjadi pilot, saya merasa pusing melihat banyak tombol. Lalu saya bercita-cita sebagai pramugari dan tentu saja saya berubah pikiran, karena apa? Karena saya membaca tinggi minimal pramugari dan melihat pramugari selalu memakai hak tinggi. Maka dari itu, saya memperteguh pilihan saya di perbankan syariah dan ini juga didukung oleh jurusan saya saat SMK, yaitu perbankan syariah. Saya juga hobi bermain game ryhthm, ini menyerukan karena dengan nada lagu yang hype dan blok nada yang cepat serta ketangkasan jari untuk menekannya. Selain game rhythm, ada banyak jenis game yang saya suka, seperti rpg, casual, dan puzzle. Game-game ini sangat bisa untuk mengisi waktu luang karena permainannya yang cukup mudah tanpa harus berpikir lama, jika terlalu lama memikirkan tonton saja panduannya. Dari rhythm game, tentu saja ketahuan bahwa saya suka mendengarkan musik, kpop adalah salah satu yang kusenangi terutama grup NCT. Yang membuatku jatuh hati pada mereka adalah lagu "Boss" dari album Empathy.

Selanjutnya

Tutup

Financial

Investasi Emas: Aset yang Stabil dan Syariah dalam Pandangan Islam

10 Juli 2023   22:58 Diperbarui: 10 Juli 2023   23:08 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam era globalisasi dan kompleksitas keuangan saat ini, banyak individu yang mencari cara untuk melindungi kekayaan mereka dari fluktuasi pasar yang tidak pasti. Dalam hal ini, emas telah lama diakui sebagai salah satu bentuk investasi yang stabil dan aman. Berbagai produk emas pun turut dibuat oleh lembaga-lembaga keuangan seperti produk tabungan emas dan pembiayaan emas. Namun, dalam pandangan Islam, investasi emas bukan hanya sekadar peluang keuangan, tetapi juga merupakan pilihan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Emas telah menjadi lambang kekayaan dan stabilitas selama berabad-abad. Bangsa Arab mengadopsi dinar dan dirham sebagai sistem mata uang dan hal ini berlangsung hingga zaman Nabi Muhammad SAW. Dinar dan dirham sendiri adalah koin yang terbuat dari logam mulia, dimana dinar terbuat dari emas dan dirham terbuat dari perak. Emas dan perak diakui sebagai nilai tukar yang sah dan dijadikan standar untuk perdagangan dan transaksi pada masa itu.

pixabay
pixabay

Tentunya ada beberapa alasan mengapa emas dipilih sebagai investasi yang sebenarnya. 

1.      Emas mudah dibawa (portabel). Berbeda dengan aset tanah yang tidak mudah diuangkan dan sulit untuk dipindahkan ketika terjadi bencana alam atau kejadian yang tidak diinginkan, emas biasanya dijual dalam bentuk yang compact sehingga mudah untuk dijual kembali sebagian atau dibawa pergi.

2.      Emas mudah dipecah. Ketika sekeping emas dibagi dua maka nilai intrinsik bagian-bagian emas tersebut tetaplah konstan dan tidak berubah. Ini tidak terjadi dengan uang kertas yang dimana ketika dibelah dua, ia akan kehilangan nilainya. 

3.      Emas dianggap tidak kehilangan nilainya karena memiliki sifat intrinsik yang langka, tahan lama, dan dihargai secara universal. Dalam jangka panjang, emas cenderung menjaga nilainya relatif stabil atau bahkan mengalami kenaikan. Di sisi lain, uang kertas dapat kehilangan nilainya karena inflasi dan kebijakan pemerintah.

4.      Emas memiliki keunikan dalam mempertahankan nilai konstan di semua negara di dunia. Hal ini tidak berlaku dengan barang lainnya yang cenderung mengalami fluktuasi nilai karena preferensi yang berbeda-beda di berbagai negara.

5.      Emas memiliki nilai inheren yang sama dan diakui di semua negara di dunia. Suatu barang mungkin berharga di negara sendiri tetapi tidak sama sekali di negara lain. Di sisi lain, emas berharga di mana pun ia ditemukan.

6.      Pemerintah tidak bisa membuat emas. Uang kertas adalah sesuatu yang diciptakan oleh pemerintah. (Ahsanah, 2022)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun