Mohon tunggu...
Aisyah Fajri
Aisyah Fajri Mohon Tunggu... Freelancer - universitas pamulang

saya adalah mahasiswi universitas pamulang semester 6

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Memahami Transformasi Universitas Jenderal Soedirman melalui Kegiatan KKL Universitas Pamulang

30 Agustus 2023   00:50 Diperbarui: 30 Agustus 2023   01:01 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Proses pembelajaran tidak hanya terjadi dalam lingkup kelas. Kegiatan kerja lapangan menjadi jendela bagi mahasiswa untuk melihat langsung realitas di lapangan dan memahami dinamika di balik karakteristik dan transformasi di institusi pendidikan. Artikel ini akan mengupas pengalaman mahasiswa pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang dalam menjalani kegiatan kerja lapangan di Universitas Jenderal Soedirman.

Kegiatan kerja lapangan menghadirkan kesempatan berharga bagi mahasiswa Universitas Pamulang untuk menjelajahi dunia pendidikan di institusi lain. Melalui pengalaman ini, mereka dapat membandingkan karakteristik dan transformasi yang terjadi di Universitas Jenderal Soedirman dengan situasi di kampus mereka sendiri.  

Transformasi dalam Kurikulum dan Metode Pendidikan

Salah satu hal menarik yang diamati oleh mahasiswa Universitas Pamulang selama kegiatan kerja lapangan di Universitas Jenderal Soedirman adalah transformasi dalam kurikulum dan metode pendidikan. Mereka mendapati bahwa pendekatan baru dalam menyajikan materi pembelajaran memberikan dampak positif yang signifikan.

Di Universitas Jenderal Soedirman, terlihat adanya usaha untuk mengadopsi pendekatan pembelajaran yang lebih kontekstual dan berorientasi pada mahasiswa. Mahasiswa menggambarkan bagaimana dosen lebih aktif dalam mendorong diskusi dan kolaborasi dalam kelas. Dalam beberapa mata kuliah, mereka juga melibatkan studi kasus nyata dan simulasi, yang membantu mahasiswa mengaitkan konsep-konsep teoritis dengan situasi dunia nyata.

Selain itu, ada perhatian yang lebih besar terhadap pengembangan keterampilan generik atau soft skills yang diperlukan dalam dunia kerja. Mahasiswa mengamati bahwa ada penekanan pada kemampuan berkomunikasi, kerja tim, dan pemecahan masalah. Kegiatan-kegiatan seperti proyek kelompok, presentasi, dan diskusi mendalam membantu mereka mengembangkan keterampilan ini.

Transformasi dalam metode pembelajaran ini juga melibatkan penggunaan teknologi dengan lebih canggih. Dosen menggunakan alat-alat digital dan platform pembelajaran online untuk memberikan materi, memberikan tugas, dan memfasilitasi interaksi antara mahasiswa dan dosen. Hal ini memungkinkan pembelajaran yang lebih fleksibel dan interaktif, serta membantu mahasiswa untuk belajar secara mandiri.

Secara keseluruhan, transformasi dalam kurikulum dan metode pendidikan di Universitas Jenderal Soedirman mencerminkan respons terhadap perkembangan zaman dan tuntutan dunia kerja yang semakin dinamis. Mahasiswa Universitas Pamulang merasakan manfaat dari pendekatan ini, karena mereka merasa lebih siap menghadapi tantangan dalam dunia nyata setelah lulus nanti. Transformasi ini juga menjadi inspirasi bagi perguruan tinggi lain untuk terus mengembangkan metode pembelajaran yang relevan dan inovatif.

Pengalaman kerja lapangan mahasiswa Universitas Pamulang di Universitas Jenderal Soedirman membawa implikasi penting untuk peningkatan pendidikan di kedua universitas. Pertukaran ide, refleksi atas kelemahan dan kelebihan, pengembangan pendidikan berkelanjutan, dan inspirasi untuk penelitian pendidikan adalah beberapa implikasi yang dapat diperoleh dari pengalaman ini. Dengan cara ini, kerja lapangan tidak hanya menjadi pengalaman pribadi mahasiswa, tetapi juga kontribusi berharga untuk meningkatkan kualitas pendidikan di masa depan. 

Kegiatan kerja lapangan bagi mahasiswa Universitas Pamulang di Universitas Jenderal Soedirman adalah peluang untuk melihat lebih dekat karakteristik dan transformasi di institusi pendidikan. Melalui pengalaman ini, mereka dapat membandingkan pendekatan, budaya kampus, dan metode pembelajaran. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya memberikan pengalaman pribadi yang berharga, tetapi juga memberikan masukan berharga untuk meningkatkan pendidikan di kedua universitas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun