K-Pop merupakan salah satu cabang dari Hallyu atau “korean wave” yaitu sebuah gelombang besar yang datang dari negeri para Idol, Korea Selatan. Berbicara tentang Hallyu, di dalamnya tidak hanya K-Pop atau K-Drama.
Ada banyak cabang dari Hallyu, seperti korean food, korean style, korean skincare, korean culture, dan masih banyak lainya. Singkatnya, korean wave itu apa saja yang berasal dari Korea.
Di Korea Selatan terdapat bermacam jenis genre musik, yang paling populer yaitu Korean Pop atau K-Pop. Lagu-lagu K-pop juga mencakup berbagai genre musik, ballad, hip hop dan sebagainya.
Banyak hal yang bisa kita nikmati ketika menjadi peminat K-pop ini atau biasa disebut k-poper. Mulai dari mendengarkan musik, menghadiri konser, menonton konten youtube para idol, dan mengoleksi merchandise baik yang official maupun unofficial.
Semakin merebaknya popularitas global K-Pop, semakin menjamur juga tren budaya baru yang tercipta. Salah satu aktivitas yang digemari oleh para k-popers adalah mengoleksi photocard atau disingkat PC.
PC ini bisa didapat dari bonus pembelian album Idol k-pop, merchandise official, atau bahkan bonus brand yang diambassadori para idol.
Saya telah menjadi penggemar K-pop sejak tahun 2013. Sebagai kpoper, saya bukan termasuk penggemar yang fangirling dengan membelanjakan uang saya untuk pernak-pernik perkpopan, tetapi hanya menikmati musik dan konten para idol yang saya sukai.
Pada beberapa tahun lalu, yang lebih diminati para kpopers mungkin hanya album atau merchandise-merchandise ketika kita stanning sebuah grup.
Seiring berjalannya waktu banyak yang berubah pada budaya hiburan fans bintang k-pop. PC yang hanya menjadi stuff tambahan pada album menjadi barang koleksi bahkan instrumen investasi.
Melihat tren yang marak di kalangan para k-popers saat ini cukup membuat merinding. Bagaimana bisa sebuah photocard bisa menjadi salah satu instrumen investasi.
Harga jualnya bisa meningkat seiring bertambah besar popularitas grup dan membernya atau bahkan karena rare atau kelangkaan PC tersebut di dunia. Ini hanya berlaku untuk photocard official ya, yang dirilis oleh agensi para idol atau brand yang mereka sponsori.