Mohon tunggu...
AISYAH AMELIA
AISYAH AMELIA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Haii, aku aii. Aku suka travelling dan foto,, entah foto diriku atau foto orang lain

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Membangun Kecerdasan Kritis Matematis: Rekayasa Pembelajaran dengan Reciprocal Teaching

13 Maret 2024   18:12 Diperbarui: 14 Maret 2024   00:29 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
KM7 SMPN 2 KOPO/DOK. PRI

Kita semua tahu, Indonesia memiliki cita-cita untuk menjadikan negeri ini sebagai Indonesia Emas di 2045. Upaya yang dapat dilakukan untuk merealisasikan harapan tersebut adalah dengan membangun generasi negeri untuk masa depan yang terjamin, tangguh, dan memiliki pola pikir yang kritis. Langkah awal untuk membentuk karakter tersebut adalah dengan mengedepankan kualitas pendidikan dari negara itu sendiri. Membangun kecerdasan kritis pada siswa (generasi masa depan bangsa) menjadi fokus utama dalam upaya mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan kompleks di era globalisasi ini, yaitu dengan mempersiapkan dalam segi dunia pendidikan dengan menerapkan metode pembelajaran Reciprocal Teaching.

APA SIH RECIPROCAL TEACHING ITU?

Reciprocal teaching merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk mengembangkan kecerdasan kritis melalui interaksi yang tersetruktur antara guru dan siswa serta antar sesama siswa. Pendekatan ini menekankan peserta didik pada praktik berpikir kritis, seperti meramalkan (predicting), mengklarifikasi (clarifying), bertanya (questioning), dan merangkum (summarizing), yang semuanya merupakan keterampilan kritis yang penting.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli pendidikan di berbagai negara, hasilnya menunjukkan bahwa siswa yang terlibat dalam pembelajaran dengan pendekatan Reciprocal Teaching cenderung memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih baik daripada siswa yang tidak terlibat dalam metode pembelajaran ini. Hal ini menunjukkan bahwa Reciprocal Teaching dikatakan efektif dalam membangun kecerdasan kritis siswa.

BAGAIMANA CARA MENGIMPLEMENTASIKANNYA?

1. Menjelaskan Strategi-Strategi Utama 
Guru perlu menjelaskan secara jelas empat strategi utama Reciprocal Teaching kepada siswa agar mereka memahami tujuan dari metode ini.

2. Modeling
Guru perlu memodelkan bagaimana menerapkan strategi-strategi tersebut dalam membaca dan memahami teks kepada siswa. 

3. Praktik Bersama
Siswa dan guru berkolaborasi dalam membaca teks dan menerapkan strategi-strategi Reciprocal Teaching secara bersama-sama.

4. Praktik Mandiri
Siswa diberi kesempatan untuk membaca teks secara mandiri dan menerapkan strategi-strategi Reciprocal Teaching dengan bimbingan guru.

5. Diskusi Reflektif
Setelah membaca teks, siswa dan guru melakukan diskusi reflektif untuk mengevaluasi pemahaman siswa dan memperbaiki strategi-strategi yang digunakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun